Akhirnya Terkuak Kedalaman Danau Toba

Oky
Oky

Akhirnya Terkuak Kedalaman Danau Toba

Winnetnews.com -  Kabar terbaru datang dari kasus tenggelamnya, Kapal Motor, Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba, Sumatra Utara. Dikutip dari berbagai sumber yang ada, Tim Ditpolair Polda Sumut mengungkapkan kedalaman Danau Toba, Sumatera Utara.

Data itu diketahui dari GPS kapal tim saat mencari bangkai KM Sinar Bangun yang tenggelam di lokasi tersebut. Dalam video, petugas dari tim Ditpolair menjelaskan tentang kondisi Danau Toba. Kedalaman danau tersebut ternyata mencapai 1.600 meter.

"Selamat siang, kami dari Tim Ditpolair Polda Sumut sedang melaksanakan pencarian korban KM Sinar Bangun yang ternggelam saat melakukan perjalanan dari Pelabuhan Simanindo menuju Pelabuhan Tigaras. Apabila kita melihat kedalaman danau ini, mungkin akan kami tunjukkan melalui GPS di boat kami ini, kita bisa melihat bahwa kedalaman danau sekitar 1.619 meter," kata petugas dalam video tersebut.

Terlihat pada video layar GPS pada kapal menunjukkan angka 1.600 meter sampai lebih.  Artinya itulah kedalaman dasar Danau Toba dari permukaan air di jalur pelayaran KM Sinar Bangun.

Sementara itu, Basarnas terus berupaya menemukan bangkai KM Sinar Bangun. Untuk melacak kapal tersebut, Basarnas menurunkan pemindai atau scan sonar pendeteksi logam di dalam perairan berkemampuan daya jelajah 2.000 meter. Tim tersebut dipimpin Kepala Basarnas, M Syaugi dan turut bersamanya Bupati Simalungun, JR Saragih.

Seperti yang kita ketahui, Danau Toba  adalah kaldera atau kawah letusan Gunung Toba Purba yang diperkirakan pernah meletus dahsyat pada 73.000-75.000 tahun yang lalu dan letusannya termasuk dalam daftar letusan gunung api terdahsyat di muka bumi.

 

 

Wow... kedalaman Danau Toba (nb: seputaran lokasi tenggelamnnya KM. SINAR BANGUN) mencapai 1600 meter lebih ... #info #ditpolair #basarnas #marinir #danau #danautoba #pulausamosir #parapat #sumut #medan #jakarta #kapal #boat #gps #kapaltenggelam #pelabuhan #nonton #pialadunia2018 #jerman #swedia #sakitgigi #ngantuk

Sebuah kiriman dibagikan oleh ☝️nobody (@ethes700) pada 23 Jun 2018 jam 12:49 PDT

 

 

 

Penulis : Oky Alexander Weni
Editor : Baiq Fevy Shofya Wahyulana

Apa Reaksi Kamu?