(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Akibat Curah Hujan dan Luapan Sungai, 6 Kecamatan di Aceh Terendam

Rusmanto
Rusmanto

Akibat Curah Hujan dan Luapan Sungai, 6 Kecamatan di Aceh Terendam istimewa

WinNetNews.com - Banjir akibat luapan air sejumlah sungai di Kabupaten Aceh Utara meluas ke enam kecamatan. Awalnya, banjir mengenai delapan desa desa di Kecamatan Samudera.

"Laporan yang kita terima saat ini, selain di Kecamatan Samudera. Banjir juga menerjang sejumlah kecamatan seperti Matangkuli, Syamtalira Aron, Meurah Mulia, Geureudong Pase, dan Sawang," kata Kabid Kedaruratan BPBD Aceh Utara, Khairuddin, Sabtu (17/11/2018).

Khairuddin menyebutkan banjir tersebut akibat air sungai meluap karena curah hujan di kawasan pegunungan sangat deras dalam beberapa hari terakhir. 

"Saat ini yang terparah ada di Kecamatan Samudera dan Syamtalira Aron. Soalnya, di dua kecamatan itu ada tanggul yang jebol karena tidak sanggup menahan derasnya air," sebut Khairuddin. 

Menurut informasi yang diterima pihaknya, tanggul tersebut jebol sekitar pukul 09.00 WIB, Sabtu pagi. Rata- rata air yang merendam pemukiman warga mencapai 1 meter. Ada juga yang di atas itu.

Khairuddin menambahkan pihaknya masih melakukan pendataan jumlah desa dan warga yang terdampak banjir tersebut.

"Sebagian warga di Kecamatan Samudera dan Syamtalira Aron sudah mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Yang jelas di kawasan tanggul jebol Sungai (Krueng Pase) itu banyak warga yang harus mengungsi untuk sementara," tambah Khairuddin.

Hingga berita ini diturunkan, air terus merendam rumah- rumah warga. Bahkan, jalan lintas nasional yang tadinya hanya merendam di kawasan Kecamatan Samudera, sekarang malah merendam jalan di Kecamatan Syamtalira Aron.

"Sejak menjelang malam hari, hujan deras mengguyur Aceh Utara termasuk di Kecamatan Samudera yang masih tergenang banjir. Jika hujan tidak berhenti, kami was-was terjadi banjir susulan," kata salah seorang warga Rizal, Minggu (18/11/2018).

Dia berdoa, semoga hujan deras kian berhenti baik di Aceh Utara maupun di dataran tinggi Gayo di Kabupaten Bener sehingga debit air di sungai tidak meluap hingga menambah banjir susulan. 

Menurutnya, jika hujan di kawasan dataran tinggi gayo airnya turun ke aliran sungai yang ada di Aceh Utara. Jika meluap, maka banjir tidak terelakkan.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Banjir di Aceh Utara Meluas, 6 Kecamatan Terendam"

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});