Akibat Gagal <em>Check-in</em>, Banyak Penumpang Batik Air Tertinggal Pesawat
ilustrasi

Akibat Gagal <em>Check-in</em>, Banyak Penumpang Batik Air Tertinggal Pesawat

Minggu, 7 Mei 2017 | 18:27 | Rusmanto

WinNetNews.com - Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur sore ini sangat padat. Karena antrean masuk dari security check pertama sampai counter check in sangat panjang, banyak penumpang Batik Air yang gagal check in dan akhirnya ketinggalan pesawat.

Seperti sejumlah penumpang Batik Air ID 7537 rute Jakarta via Halim Perdanakusuma menuju Yogyakarta yang dijadwalkan terbang pukul 15.50 WIB, Minggu (7/5/2017). Mereka sudah mengantre di counter check in lebih dari sejam sebelum jadwal penerbangan. Namun karena padatnya antrean membuat mereka gagal checkin.

"Saya ngantre lebih dari 50 menit mau naik batik, sampai di counter pesawat sudah closed," kata Abdul, yang membawa tiket Batik Air ID 7537 tujuan Yogyakarta.

"Saya pukul 15.00 kurang sudah sampai bandara, crowded banget antrean panjang banget, nggak bisa masuk ke dalam. Sampai di counter sudah ketinggalan. Nggak ada dispensasi juga, jadi kita lagi mau temuin manajemennya," kata Tumpal yang juga hendak terbang ke Yogyakarta dengan pesawat yang sama.

Total ada belasan penumpang Batik Air yang gagal check in karena padatnya antrean check in sore ini. Selain penerbangan ke Yogyakarta, ada juga penumpang penerbangan ke Surabaya, Bengkulu dan lainnya yang gagal check in dan ketinggalan pesawat.

"Saya sudah check in online, posisi kita berangkat pukul 16.00 WIB. Kita jam 15.00 WIB sudah sampai bandara. Tapi karena antrean sangat padat baru pukul 16.00 WIB sampai counternya terus petugas bilang pesawat sudah terbang. Kan mestinya kalau jadwal padat banyak penumpang buka counter lagi," keluh Vita yang gagal terbang ke Bengkulu sore ini.

Terkait banyaknya keluhan penumpang pesawat ini, Anggota Ombudsman RI Alvin Lie menuturkan, Maskapai perlu melakukan sejumlah evaluasi. Antara lain menginformasikan sebelum counter check in ditutup dan memprioritaskan penerbangan yang lebih dahulu uncuk check in.

"Counter check in kan ditutup 40 menit sebelum jadwal keberangkatan, petugas perlu memberi tahu dan memprioritaskan yang jadwal terbang lebih awal," kata Alvin.

"Sebetulnya ada standar bandara itu maksimal melayani penumpang 2,5 menit dan itu ada di peraturan menteri. Dan kalau sudah antrean lebih dari 10 orang harus dibuka counter lagi," kata Alvin.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...