Akibat Kabut Tebal, Bandara di Belanda Tidak Beroperasi

Rusmanto
Rusmanto

Akibat Kabut Tebal, Bandara di Belanda Tidak Beroperasi istimewa

WinNetNews.com - Kabut tebal memaksa penutupan sementara operasional salah satu bandara di Belanda. Landasan ditutup dan penerbangan yang dijadwalkan mendarat di bandara tersebut terpaksa dialihkan ke bandara lainnya. 

Seperti dilansir AFP, Senin (17/12/2018), operasional Bandara Internasional Eindhoven ditutup sementara pada Minggu (16/12) siang waktu setempat karena keberadaan kabut tebal yang menyelimuti area bandara. Penutupan operasional ini membuat ribuan penumpang telantar di bandara. 

Laporan situs Bandara Eindhoven menyebut sekitar 27 pesawat yang seharusnya mendarat di bandara itu dialihkan ke bandara lain dan sedikitnya enam penerbangan lainnya dibatalkan akibat penutupan operasional itu. 

Sejumlah penerbangan yang seharusnya lepas landas dari Bandara Eindhoven pada Minggu (16/12) waktu setempat juga terpaksa dibatalkan. Pembatalan ini berdampak pada 6.500 - 8.500 penumpang yang telantar di bandara.

Laporan televisi setempat, NOS, menyebut Bandara Internasional Schiphol terpaksa membatalkan sekitar 100 penerbangan akibat persoalan yang sama. 

"Kemampuan lepas landas dan pendaratan telah berkurang separuh," sebut NOS dalam laporannya merujuk pada alasan pembatalan penerbangan. 

Maskapai penerbangan nasional Belanda, KLM, melaporkan pihaknya yang secara normal mengoperasikan 65 penerbangan setiap jamnya, namun akibat kabut tebal, terpaksa hanya 17 penerbangan yang bisa mendarat atau lepas landas setiap jamnya. 

Tidak diketahui pasti kapan kabut tebal itu akan memudar. Namun Institut Meteorologi Belanda telah merilis peringatan level 'kode kuning' untuk wilayah tengah dan selatan Belanda. 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di detik.com dengan judul "Bandara Belanda Ditutup karena Kabut Tebal, Ribuan Orang Telantar"

Apa Reaksi Kamu?