Akibat Makan Makanan Mentah yang Harus Diwaspadai
ilustrasi

Akibat Makan Makanan Mentah yang Harus Diwaspadai

Jumat, 14 Jun 2019 | 20:15 | Rusmanto
Winnetnews.com - Beberapa tahun belakangan ini, makan makanan mentah sedang menjadi tren untuk kalangan penggemar kuliner. Salah satu hidangan yang tidak luput dari kata mentah adalah sushi, sashimi dan olahan sayur mentah lainnya. 

Tapi apa aman makan daging atau sayuran mentah begitu saja? Adakah efek makan makanan mentah yang berisiko pada kesehatan?

Beberapa efek makan makanan mentah yang mungkin terjadi

1. Banyak bakteri dan parasit

Salah satu efek makan makanan mentah seperti sushi dan sashimi yaitu bisa mengundang bakteri dan parasit masuk ke dalam tubuh. Bakteri dan parasit dapat berkembang pada daging ikan mentah yang tidak segar dapat menyebabkan keracunan.

Selain itu, jika ikan yang digunakan adalah ikan air tawar, mungkin akan mengandung toksin alami yang disebut ciguatera. Ciguatera bisa menyebabkan seseorang menderita masalah pencernaan dan saraf. 

2. Meningkatkan risiko penyakit jantung

American Society for Nutritional Sciences pada bulan Oktober 2005 mencatat sebuah penelitian di Jerman, yang mengumpulkan data tentang orang yang suka makan makanan mentah, terutama buah dan sayuran. Para periset tersebut memeriksa pengaruhnya terhadap kesehatan tubuh, terutama jantung.

Mereka menemukan bahwa efek makan makanan mentah berpengaruh pada kadar kolesterol dan trigliserida seseorang. Selajutnya, makanan mentah yang dimakan secara terus menerus bisa berimbas pada naiknya kadar homosistein, yaitu sejenis asam amino yang dipercaya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...