Akibat Perkara Jiwasraya, Jasa Raharja Kena Wejangan Erick Thohir

Akibat Perkara Jiwasraya, Jasa Raharja Kena Wejangan Erick Thohir

Rabu, 15 Jan 2020 | 16:32 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Perusahaan BUMN yakni PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT Asabri (Persero) sedang bergumul dengan kasus beruntun dugaan korupsi. Masalah ini membuat perusahaan pelat merah itu mengalami penurunan nilai saham investasi yang signifikan. Tak pelak, kondisi perusahaan pun semakin terganggu.

Perkara ini pun dikhawatirkan melebar ke perusahaan asuransi BUMN lainnya seperti PT Jasa Raharja (Persero), asuransi sosial khusus kecelakaan penumpang alat angkutan umum.

Dikutip dari CNBC Indonesia, Direktur Utama Jasa Raharja Budi Rahardjo Slamet tampak menyambangi Gedung Kementerian BUMN pada Rabu ini (15/1/2020). Usai menghadap Menteri BUMN Erick Thohir yang diwakili Plt Deputi BUMN, Budi memaparkan arahan Erick yakni mengingatkan agar investasi yang dibenamkan perusahaan harus hati-hati alias prudent.

"Yang jelas bagaimana beliau [Erick] mengingatkan masalah investasi harus lebih prudent ya, betul-betul menempatkan investasi yang memang blue chip [saham unggulan] jadi enggak ada yang memang...," katanya kepada wartawan di Gedung Kementerian BUMN, Rabu sore.

"Ya normatif saja, bagaimana kita selalu mematuhi aturan OJK [Otoritas Jasa Keuangan], kami Jasa Raharja sudah berbuat selama ini bagaimana lebih prudent bagaimana penempatan investasi dan kita juga pastikan selalu bagaimana arahan komisaris, kita juga punya komite investasi dan penasehat investasi yang menjadi acuan kita bekerja," jelasnya, seperti dilansir CNBC Indonesia.

Pria yang berkarier di Jasa Raharja sejak tahun 1986 ini mengatakan dengan kejadian yang menimpa Jiwasraya dan Asabri, perseroan semakin meningkatkan kewaspadaan dalam hal investasi.

"Ya paling enggak dengan kejadian ini kita harus meningkatkan kewaspadaan daripada pendapatan-pendapatan kita di investasi," katanya.

Dia mengatakan kedatangan ke BUMN karena mendapatkan jadwal Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dan menjelaskan Rencana Kerja Anggaran Perusahaan (RKAP). 

"RKAP 2020 bagaimana kita bisa sebagai acuan agar kita bekerja dari sisi pendapatan target dan biaya." [cnbcindonesia]

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...