Akibat Tidur Tak Teratur Dapat Membahayakan Tubuh

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Akibat Tidur Tak Teratur Dapat Membahayakan Tubuh

Wingamers – Kualitas tidur Anda menentukan bagaimana keadaan Anda pada keesokkan harinya. Jika Anda kurang tidur, pastinya membuat tubuh Anda lemas dan tidak ada gairah untuk melakukan aktifitas. Begitupun kebalikkannya.

Asisten profesor di departemen fisiologi integratif dan ilmu saraf, Ilia Karatsoreos, mengubah siklus tidur dan bangun pada tikus percobaan, daripada waktu tidur normal. Mereka menemukan bahwa kualitas tidur mereka buruk, sekalipun tidak ada perbedaan dengan lama waktu mereka tidur.

Hewan yang digunakan dalam penelitian juga menunjukkan adanya respon imun yang terganggu. Kondisi ini membuat mereka cenderung mudah untuk terkena berbagai penyakit.

Penelitian tentang tidur selama ini hanya lebih banyak berfokus pada efek dari kurang tidur atau jumlah waktu tidur manusia maupun hewan. Studi yang diterbitkan dalam jurnal Brain, Behavior and Immunity, ini melihat proses sirkadian, yaitu jam tubuh yang dikendalikan otak untuk mengontrol irama berbagai proses biologi.

Siklus ini ditemukan dalam organisme yang hidup lebih dari 24 jam, termasuk tanaman dan organisme bersel tunggal. Penelitian mengenai sistem ini memiliki implikasi yang signifikan bagi kehidupan modern. Seperti yang dikutip Timesofindia.

"Gangguan jam sirkadian dialami oleh hampir setiap masyarakat di zaman modern ini. Penyebabnya beragam, mulai dari pencahayaan malam hari, kerja shift, jet lag, dan bahkan cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel dan tablet kita," para peneliti mencatat.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});