AKP Ichwan Disuap Oleh Bandar Rp 2,8 M Namun Dipotong Rp 500 Juta oleh Kurirnya

AKP Ichwan Disuap Oleh Bandar Rp 2,8 M Namun Dipotong Rp 500 Juta oleh Kurirnya

Senin, 25 Apr 2016 | 19:35 | Rike
WinNetNews.com-BNN tangkap Kasat Narkoba Polres KP3 Belawan, AKP Ichwan Lubis terkait TPPU Narkotika. Ichwan diduga terima uang dari Toni alias Toge terpidana narkotika Lapas Lubuk Pakam. Uang tersebut diberikan Tony lewat anak buahnya tetapi anak buahnya menguntit Rp 500 juta.

"Uang yang dikasih Toni ini sebesar Rp 2,8 Miliar untuk AKP IL ini. Uangnya tidak diserahkan langsung melainkan melalui Janti kakak Kandung Toge alias Toni," jelas Direktur TPPU BNN, Brigjen Rachmad Suwanto di kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Senin (25/4/2016). Rachmad menambahkan, bahwa Janti merupakan pengelola operasional keuangan hasil kejahatan narkotika Toni atau Toge. Uang tersebut masuk ke dalam rekening kakaknya."Janti ini operasional keuangan selama di lapas kalau ada jual beli uangnya masuk ke situ semacam rekening penampungan," terangnya.

Uang dari rekening Janti senilai Rp 2,8 miliar, diserahkan ke Ahin (anak buah Toni). Dari Ahin, uang tersebut diserahkan ke AKP Ichwan sebesar Rp 2,3 sisa Rp 500 juta dikuntit Ahin. Suap ini dilakukan agar bisnis haram Toni dari balik penjara tak terungkap.

"Oleh Janti dikeluarkan uang Rp 2,8 miliar untuk diserahkan ke AKP IL. Penyerahannya melalui Ahin tetapi yang diserahkan ke AKP IL hanya Rp 2,3 miliar, sementara Rp 500 juta diambil oleh Ahin dari hasil pengumpulan bukti didapatkan uang Rp 400 juta dari tangan Ahin sedangkan yang Rp 100 juta sudah digunakan. Total uang yang kami sita sebanyak Rp 2,3 miliar dari tangan AKP IL dan Rp 400 juta dari tangan Ahin, uang itu sudah kami sita termasuk sisa uang di rekening Janti," ujar Rachmad.

Sumber&foto:detik.com

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...