Aksi 22 Mei Rusuh, Deretan Artis Ini Suarakan Pesan Menyentuh

Cindy Cesilia
Cindy Cesilia

Aksi 22 Mei Rusuh, Deretan Artis Ini Suarakan Pesan Menyentuh Foto: Kompas

Winnetnews.com - Kerusuhan yang terjadi di depan kantor Bawaslu dan sekitaran Tanah Abang, Jakarta pada 21-22 Mei kemarin mengundang perhatian seluruh masyarakat Indonesia, termasuk para artis. Dikutip dari Kompas, aksi demo massa untuk menolak hasil Pemilu berlangsung dengan rusuh. Bentrokan antara pihak keamanan dan demonstran tidak bisa dihindari di beberapa titik lokasi.

Sebelumnya, aksi unjuk rasa terhadap hasil Pemilu 2019 berlangsung tertib di depan kantor Bawaslu RI pada Selasa malam. Sebagian besar massa sudah membubarkan diri pukul 20.00. Namun, masih ada massa yang menolak membubarkan diri.

Awalnya, mereka berusaha merusak pagar besi di Gedung Bawaslu sekitar pukul 22.00. Polisi pun bergerak membubarkan paksa. Massa berlarian ke arah Tanah Abang, sebagian lagi ke arah Gondangdia dan terkonsentrasi di Jalan Agus Salim.

Massa kemudian melempar batu hingga petasan ke arah polisi. Polisi akhirnya melepaskan tembakan gas air mata kepada kerumunan massa. Argo menyebut kericuhan yang terjadi di depan kantor Bawaslu disebabkan ulah provokator orang tak bertanggung jawab. Peristiwa itu membuat banyak beberapa artis ikut miris. Mereka menyerukan pendapat mereka tentang aksi 22 Mei itu.

1. David Naif

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by David Bayu (@davidbayudj) on

Vokalis band Naif ini mengunggah ilustrasi gambar Jokowi dan Prabowo yang rukun dan damai. Ia pun berharap agar kedua pendukung mereka melakukan hal serupa.

2. Joko Anwar

Sutradara ternama ini juga mengungah postingan senada, yakni ilustrasi 2 pebasket yang digambarkan sebagai sosok Jokowi dan Prabowo. Siapapun yang menang dalam Pemilu, seharusnya tidak ada kekacauan yang terjadi.

3. Ronal Surapradja

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Ronal Surapradja (@rocknal) on

Penyiar radio sekaligus presenter ini memilih mendatangi lokasi demo. Presenter radio itu tampak selfie dengan deretan pihak berwajib yang sedang berjaga-jaga. ”Yang lain menghindari, saya malah menghampiri. Saya hanya mau memastikan semua baik2 saja sendiri, bukan forward dari orang lain. Peserta orasi, petugas mengawasi. Insya Allah aman,” tulisnya.

4. Novita Angie

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Novita Angie (@novitaangie) on

Meski tetap bekerja di aksi 22 Mei kemarin, artis berkacamata itu pun mengabadikan kondisi terkini di depan Gedung Bawaslu. Dirinya berjalan di antara aparat yang sedang berjaga dan massa yang ikut maupun hanya menyaksikan aksi 22 Mei. "Ini situasi depan Sarinah sekarang kayak gini tuh, ramai banyak orang tapi sepi ga bersuara. Selamat bertugas ya para aparat, kita doain semoga semuanya aman-aman aja," tulisnya.

5. Rina Nose

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Rina Nose (@rinanose16) on

Presenter sekaligus komedian Rina mengunggah sebuah lagu khusus untuk menyuarakan perdamaian lewat akun Instagramnya.

6. Tantri Kotak

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by TantriSyalindri Ichlasari (@tantrisyalindri) on

Vokalis band Kotak, Tantri  menyarankan agar aksi demo dilakukan dengan damai tanpa ada kekerasan yang tak perlu.

7. Chicco Jerikho

Aktor tampan satu ini, memilih mengunggah foto seorang polisi yang tertidur karena kelelahan, sementara satunya sedang melakukan video call bersama anaknya.

8. Yuni Shara

Kakak dari diva Krisdayanti itu memberikan kata-kata bijak di akun Instagramnya.

 

 

Apa Reaksi Kamu?