Aksi #GejayanMemanggil Ingatkan Masyarakat Yogyakarta Akan Tirani 1998

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Aksi #GejayanMemanggil Ingatkan Masyarakat Yogyakarta Akan Tirani 1998 Poster Gejayan Memanggil (sumber: Hipwee)

Winnetnews.com - Aksi damai oleh seluruh mahasiswa dan elemen masyarakat Yogyakarta sedang ramai diperbincangkan di media sosial. Tagar #GejayanMemanggil adalah aksi seruan yang memanggil semua lapisan masryarakat untuk turun di jalan. Aksi ini ditujukan untuk menentang sikap pemeritah terakit Revisi KUHP, UU KPK, UU PKS, dan lain sebagainya.

Sebuah poster seruan aksi damai berbunyi: Seruan Aksi Damai. Mengundang seluruh mahasiswa dan elemen masyarakat Yogyakarta untuk mengikuti aksi.

Tagar #GejayanMemanggil bahkan sempat menjadi trending topic di Twitter pada Senin (23/09).

Seperti yang diketahui, Gejayan merupakan daerah di Yogyakarta yang pernah menjadi saksi perlawanan mahasiswa terhadap rezim represif Orde Baru di tahun 1998.

“Di tahun 2019, Gejayan kembali memanggil jiwa-jiwa yang resah karena kebebasan dan kesejahterannya terancam oleh pemerintah,” bunyi poster tersebut.

Seruan tersebut ditargetkan berada di tiga titik: Gerbang Utama Kampus Sanata Dharma, Pertigaan Revolusi UIN Sunan Kalijaga, dan Bunderan Universitas Gadjah Mada. Waktu kumpul dijadwalkan pada 11.00 WIB nanti.

Dari tiga titik tersebut, #GejayanMemanggil, massa akan bergerak untuk melakukan long march.

Melansir dari CNN Indonesia, Senin (23/09), Kepala Bidang Humas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta Ajun Komisaris Besar Yulianto mengaku jika pihak kepolisian sudah menerima surat pemeritahuan aksi damai.

“BEM sudah pada kirim surat ke Polsek kemarin siang. Katanya bakal ada sekitar 500 massa yang turun ke jalan,” ungkap Yulianto.

Apa Reaksi Kamu?