Aktris Iran Taraneh Alidoosti Jadi Kontroversi di Medsos DenganTato Feminisnya

Aktris Iran Taraneh Alidoosti Jadi Kontroversi di Medsos DenganTato Feminisnya

WinNetNews.com-Taraneh Alidoosti telah menemukan dirinya di tengah kontroversi media sosial setelah kamera menangkap simbol hak perempuan tato di lengannya. Sedangkan feminisme terlihat negatif di Iran.

image0

Kamera mengungkap adanya tato di tangan Alidoosti ketika ia berbicara tentang perjalanannya ke Festival Film Cannes, di mana film terbarunya, "The salesman ," telah memenangkan dua penghargaan. Foto itu memicu perdebatan di Twitter, di mana beberapa orang mengatakan gambar itu palsu dan banyak menuduh aktris ini menjadi feminis dan melakukan advokasi hak untuk aborsi, yang saat ini ilegal di Iran. Pemain berusia 32 tahun menjelaskan arti dari simbol, yang dia sebut "The Feminist Fist," dalam sebuah posting Twitter.

image1

Dia mengatakan itu adalah "adaptasi dari simbol Venus dikombinasikan dengan kepalan mengangkat yang lebih umumnya terkait dengan simbol untuk Black Power pada tahun enam puluhan." Dalam posting yang lain yang tampak seperti sebuah upaya untuk mengambil garis keras di negara itu, katanya, "Tetap tenang dan YES aku feminis." Tato adalah umum di antara pria di Iran, tapi desain tinta modern dianggap sebagai tanda westernisasi di negara Islam. Tato kontroversi datang tak lama setelah media Iran menerbitkan gambar dari pakaian-nya berbeda di festival film Perancis. Foto-foto menarik puluhan ribu tanggapan dan komentar mengenai pakian aktris tersebut.

image2

image3

image4

Alidoosti, juga dikenal sebagai "Natalie Portman Iran," memiliki reputasi untuk menjadi vokal tentang hak-hak perempuan. Tahun lalu, ia menanggapi spam pesan yang mengatakan pembersih vakum hanya untuk wanita. "Mereka yang berpikir dari vacuum cleaner seperti yang dirancang hanya untuk perempuan ... penghinaan tidak hanya perempuan tetapi semua orang ... yang tidak melihat jenis mereka sendiri sebagai pelayan mereka," tulisnya dia yang diposting di akun Instagram-nya.

Dari berbagai sumber

Foto: http://www.nytimes.com, twitter alidoosti dan http://www.dw.com