Alam Kita Menangis di #10YearChallenge
Sumber Foto: Facebook Global Icon

Alam Kita Menangis di #10YearChallenge

Rabu, 23 Jan 2019 | 15:45 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Beberapa hari terakhir tren #10YearChallenge sempat menghangatkan dunia maya. Semua kalangan beramai-ramai mengunggah foto perbedaan mereka dalam satu dekade terakhir. Namun di tengah tawa nostalgia dan kegilaan tantangan ini, Alam kita menangis.

Ketika challenge ini merembet ke masalah ‘lingkungan hidup’ reaksi kita mungkin tidak akan sama lagi. Meskipun betapa seru dan lucunya melihat seberapa jauh diri kita sebagai individu telah berubah selama satu dekade, tapi mau tidak mau kita akan terdiam prihatin melihat perubahan yang juga terjadi di planet bumi, tempat tinggal kita tercinta ini.

Berikut ini beberapa potret perubahan kondisi lingkungan kita.

1. Semakin gundulnya hutan hujan Amazon


Greenpeace, adalah salah satu organisasi lingkungan hidup yang juga ikut meramaikan #10YearChallenge dengan mengunggah foto hutan hujan Amazon yang mengalami deforestasi saat ini.

"That which took nature hundreds of thousands of years to create, humans have destroyed in less than ten," demikian caption yang tertulis di akun Instagram Greenpeace.

Sambil menambahkan emoji ‘sedih’ Greenpeace berusaha menyadarkan kita betapa manusia sanggup merusak hutan amazon hanya dalam sepuluh tahun. Sementara alam butuh ribuan tahun untuk membuatnya pulih dan kembali hijau.

2. Rusaknya terumbu karang


Masalah lingkungan hidup memang harus sering-sering mendapat perhatian. Kalau tidak, semua manusia akan lalai dan bertindak semaunya sendiri. Mulai dari perubahan iklim, polusi, sampai kepunahan suatu spesies. Salah satunya terumbu karang.

Studi baru yang dipublikasikan dalam jurnal Nature mengungkapkan bahwa dalam dua tahun terakhir, gelombang panas ekstrem telah membunuh setengah karang Great Barrier Reef. Seperti dilansir dari kompas.com (20/04/2018).

Bahkan Intergovernmental Panel on Climate Change dalam laporannya memprediksi dunia akan menghadapi kehancuran karang secara massal pada tahun 2040.

3. Sampah Plastik


image0

Ini nih salah satu permasalahan lingkungan yang lagi gencar dikampanyekan belakangan ini.

Polusi sampah plastik memang sedang mendapat lebih banyak perhatian saat ini. Fakta yang paling mencengangkan adalah: 79 ribu ton puing plastik kini berputar-putar di wilayah Samudra Pasifik, yang luasnya tiga kali negara Perancis. Hmm sangat memprihatinkan ya guys...

4. Kutub bumi terus menerus mencair


Tahukah kamu bahwa Antartika kini terus-menerus mencair termasuk bagian-bagian yang kita pikir aman selama ini? Studi terbaru yang dipublikasikan oleh National Academy of Science menunjukkan bahwa wilayah ini kehilangan es enam kali lebih banyak daripada empat dekade lalu, kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya di era pengukuran modern.

Wah... kalau sudah melihat gambar di atas, kayaknya gak perlu statistik lagi deh untuk benar-benar menyadari betapa nyatanya bumi kita ini semakin rusak oleh manusia! Oleh karena itu kalau bukan dimulai dari diri kita sendiri, siapa lagi. Dengan punya kesadaran semacam ini, mulai dari hal sekecil apa pun deh untuk ikut menjaga alam kita dan melestarikan lingkungan hidup. Yuk! Mulai dari sekarang.


Source: sciencealert.com

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...