Alami <em>Stomach Flu?</em> Coba Konsumsi Makanan dan Minuman Berikut
ilustrasi

Alami <em>Stomach Flu?</em> Coba Konsumsi Makanan dan Minuman Berikut

Selasa, 9 Jul 2019 | 13:15 | Rusmanto
Winnetnews.com - Flu perut atau stomach flu adalah salah satu penyakit menular yang banyak dialami oleh masyarakat. Bahkan di Amerika saja sekitar 21 juta orang mengalami penyakit ini dalam satu tahun. Penyakit yang disebabkan oleh norovirus ini mudah masuk ke saluran cerna dari makanan atau tangan yang kotoran dan memicu nyeri, mual, muntah, dan diare.

Makanan dan minuman untuk stomach flu

Nyeri di perut yang intens dan kadang dibarengi dengan mual dan diare adalah tanda dari kondisi stomach flu. Anda bisa mengalami ini karena makan sembarangan dan ada virus yang masuk dari tangan yang kotor. Untuk membantu menangani kondisi ini, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan di bawah ini.

1. Minum air putih yang cukup

Seseorang yang mengalami stomach flu akan cenderung mengalami diare. Kalau diare yang dialami cukup parah, kemungkinan besar seseorang akan kekurangan cairan tubuh. Sebisa mungkin untuk minum air putih dalam jumlah yang lebih banyak. Begitu diare terjadi segera ganti air di tubuh agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Selain air putih yang akan memberikan cukup banyak cairan dan mencegah lemas, beberapa orang ada yang menambahkan garam dan gula agar berfungsi seperti oralit. Anda bisa mengikuti hal itu juga kalau merasa tubuh terlalu lemas dan saat mau makan perut seperti enggan menerimanya.

2. Minuman yang mengandung elektrolit

Seseorang yang mengalami diare dan perutnya terus terasa sakit akan cenderung kehilangan elektrolit dalam jumlah banyak. Kalau Anda masih bisa ke dapur untuk membuat air gula dan garam, tubuh tidak akan cepat lemas. Namun, kalau Anda tidak punya waktu atau tidak mampu, minum sesuatu yang banyak mengandung elektrolit.

Sesuatu yang mengandung elektrolit mudah sekali masuk ke dalam tubuh dan mengganti semua yang dikeluarkan dari diare dan keringat. Anda bisa minta tolong keluarga untuk membelikan minuman elektrolit, bukan minuman untuk penambah energi. Keduanya berbeda meski sering dianggap sama. Minuman berenergi cenderung kaya kafein dan memperburuk kondisi diare.

3. Wedang jahe

Jahe adalah salah satu herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah mual dan muntah yang berlebihan. Kelebihan ini sering digunakan oleh mereka yang sakit atau ibu hamil yang masih mengalami morning sickness. Jahe bisa digunakan untuk membuat minuman hangat atau dibuat menjadi permen yang mudah dibawa ke mana saja.

Saat menggunakan jahe sebagai penghilang rasa mual dan membuat perut jadi nyaman, jangan memakai terlalu banyak atau konsentrasinya tinggi. Cukup pakai sesuai dengan kebutuhan saja. Jahe memiliki rasa pedas dan bisa menyebabkan diare lebih parah kalau dikonsumsi secara berlebihan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...