Alami Kondisi Langka, Pria Ini Tidur Selama 300 Hari dalam Setahun
Foto: Unsplash/Mert Kahveci

Alami Kondisi Langka, Pria Ini Tidur Selama 300 Hari dalam Setahun

Jumat, 16 Jul 2021 | 13:04 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Seorang pria asal India belakangan ini mendadak viral, karena kondisi langka yang dialaminya. Pria berusia 42 tahun ini mengalami kondisi aneh, di mana dia tidur selama 300 hari dalam satu tahun.

Pria bernama Purkharam ini, diketahui menderita HPA axis hypersomnia, sebuah kondisi yang membuatnya tidur dalam waktu yang lama dan bisa berlangsung hingga 25 hari. Dia pertama kali didiagnosis mengalami kondisi tersebut, 23 tahun yang lalu, saat ia tidur setiap 15 jam sekali.

Melansir Oddity Central, pada 2015 kondisi Purkaharam memburuk dan keluarganya mulai menghitung jadwal tidurnya dalam hitungan hari, bukan jam lagi. Pemilik toko kecil ini akan tidur lebih dari 7 atau 8 hari pada suatu waktu, dan situasinya pun berangsur-angsur memburuk hingga bisa tidur selama 300 hari dari 365 hari.

Karena kondisinya ini, Purkaharam hanya bisa membuka toko kelontongnya selama 5 hari dalam sebulan. Dia bahkan mendapatkan julukan Kumbhakaran oleh masyarakat desanya. Julukan tersebut sesuai dengan nama adik laki-laki Rahwana di Ramayana, yang biasa tidur selama enam bulan dalam satu waktu.

Purkharam hypersomnia
Purkharam tidur selama 300 hari dalam setahun. Foto: Oddity Central

Lichmi Devi, istri Purkharam mengakatan, suaminya bangun pada Minggu (11/7), setelah tidur selama 12 hari. Dia kemudian segera membuka tokonya, namun tidak ada yang tahu pasti kapan dia akan mengalami hypersomnia lagi.

Saat ini diketahui belum ada obat yang bisa digunakan untuk mengatasi kondisi Purkaharam. Sejumlah pengobatan yang sudah dijalaninya selama ini, memiliki efek samping sakit kepala parah dan kelelahan. Meski begitu, pihak keluarga tetap yakin bahwa dia bisa menjalani hidup normal.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...