Alami Pelecehan Seksual di Angkutan Umum, Apa yang Harus Dilakukan?
Foto: Pexels

Alami Pelecehan Seksual di Angkutan Umum, Apa yang Harus Dilakukan?

Selasa, 9 Mei 2017 | 08:36 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Saat di dalam angkutan umum, sesak dan padat pasti pernah kamu rasakan. Apalagi di jam-jam sibuk seperti pagi dan malam. Dalam satu angkutan, pria dan wanita bercampuran, tak heran jika banyak pelecehan seksual di dalam angkutan umum.

Bagi wanita, itu sangat meresahkan. Untuk menghindari pelecehan seksual di dalam angkutan umum, ada beberapa nasihat yang perlu kamu dengarkan. Agar korban pelecehan seksual berkurang.

Dilecehkan secara seksual - dalam bentuk apapun mungkin - dapat membuat seseorang kesal, rentan, terguncang, terintimidasi, tidak nyaman, marah, bingung dan takut. Ini adalah hal yang mengerikan untuk dialami.

Emma *, 25, adalah korban frotteurisme di sebuah kereta yang sibuk sepuluh tahun yang lalu: "Saya pikir ini adalah sebuah kecelakaan tapi dia hanya membuat dirinya tertekan ke gelang saya dan sedang bernapas di leher saya," dia menjelaskan.

"Sangat sibuk sehingga saya tidak bisa benar-benar lolos dan saya terlalu takut untuk mengatakan apapun jika kecelakaan terjadi dan saya juga masih muda."

Emma mencoba melakukan kontak mata dengan orang lain di kereta untuk menyampaikan apa yang terjadi, tapi tidak berhasil. Dia turun lebih awal di halte berikutnya dan berlari sepanjang perjalanan pulang sambil menangis, ia juga menelepon ke ibunya.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Jenny Gilmer dari British Transport Police, menjelaskan bahwa sulit untuk memberikan saran konklusif tentang bagaimana kamu harus bertindak, karena setiap situasi berbeda, tapi dia merekomendasikan untuk menjauh dan menciptakan jarak sejauh yang kamu bisa antara kamu dan si penyerang.

"Jangan menempatkan dirimu dalam situasi ramai," dia menekankan pada The Independent.

"Secara pribadi saya tidak akan mengatakan apapun atau mencoba dan berfoto, kamu harus menilai secara spesifik situasi itu." tambahnya.

Begitu kamu berada di luar kereta, atau bus, sangat penting untuk melaporkan kejadian yang terjadi padamu secepat mungkin kepada polisi Transportasi Inggris, atau polisi di negaramu, apakah itu dengan mengirim SMS, menelepon atau memberi tahu petugas secara langsung .

Tapi banyak korban menunda laporan karena mereka pikir apapun yang terjadi pada mereka tidak cukup serius: "Orang tidak yakin apakah itu kejahatan atau hanya perilaku yang tidak menyenangkan, tapi masih bisa membantu membangun gambaran tentang pelanggaran," kata Gilmer.

Tapi Gilmer menekankan bahwa tidak ada serangan yang terlalu kecil: "Jika merasa tidak benar, itu mungkin tidak benar. Percaya penilaian dan hatimu, "katanya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...