Alan Rickman, Sang 'Profesor Snape' Meninggal Dunia

Alan Rickman, Sang 'Profesor Snape' Meninggal Dunia

Jumat, 15 Jan 2016 | 09:40 | kontri

WinNetNews.com - Alan Rickman meninggal dunia dalam usia 69 tahun, Kamis (14/01) waktu setempat. Aktor Inggris yang dikenal paling luas karena perannya sebagai Profesor Snape, guru Harry Potter ini meninggal setelah berjuang melawan kanker. Mengutip dari BBC, kabar duka ini datang langsung dari pihak keluarganya.

"Aktor dan sutradara Alan Rickman telah meninggal dalam usia 69 tahun. Dia meninggal dengan ditemani oleh keluarga dan teman-temannya," begitu pernyataan wakil dari keluarga Rickman.

Perannya sebagai Hans Gruber, bos penjahat bermulut pedas di film Die Hard lah yang menjadikan Rickman populer di kancah perfilman internasional. Dalam pidatonya di event spesial BAFTA, peran tersebut ditawarkan kepadanya di hari kedua setelah ia hijrah ke AS.

Saat itu, ungkap Rickman, ia dibayar sangat murah. Event ini sendiri diadakan untuk memberi penghormatan kepada Rickman atas sumbangsihnya di bidang teater, pertelevisian, dan perfilman. Dalam sepanjang karirnya ia sudah membintangi 66 judul, baik itu berupa pentas teater, film televisi, dan film layar lebar.

Disusul kemudian peran-peran signature lainnya seperti peran Sheriff of Nottingham dalam Robin Hood: Prince of Thieves . Darinya, Rickman memenangkan trofi BAFTA sebagai Pemeran Pendukung Pria Terbaik.

Dan di 2001, ketika ia sudah berusia 55, Rickman masih mampu menggaet penggemar dari generasi yang lebih muda melalui peran Profesor Serverus Snape dalam seri Harry Potter .

 

Bulan lalu, seperti dikutip Time, J.K. Rowling sendiri mengungkap di Twitter bahwa Snape adalah tokoh paling kompleks yang pernah diciptakannya.

“Snape itu abu-abu. Kita tak bisa menjadikannya orang baik. Ia penuh dendam dan pelaku bullying . Snape is all grey . Kita juga tak bisa mengatakan bahwa ia jahat. Ia mati demi menyelamatkan sesama," tulis Rowling.

Kompleksitas penokohan Snape itu nyatanya terwujud secara baik di tangan Rickman. Ia berhasil memerankan sosok anti hero yang membuat penonton tidak lagi menilai sebuah tokoh dari kulitnya saja. Di mata Pottermania, selamanya Snape adalah Rickman.

Di panggung teater, Rickman bahkan lebih tenar lagi. Rickman diakui acting -nya lewat pentas Les Liasions Dangereuses di 1986. Darinya, Rickman mendapatkan nominasi Tony Awards (Oscarnya para insan teater).

Saking bagusnya perannya saat itu, lawan mainnya di pentas, Lindsay Duncan mengatakan bahwa setiap penonton pasti menginginkan Rickman untuk bercinta dengan mereka setelah menonton acting- nya di atas panggung.

Beberapa peran apiknya di panggung teater antara sebagai Mark Antony dalam Cleopatra bersama Helen Mirren dan dalam Private Lives karya Noel Coward. Selain aktif sebagai aktor, Rickman juga menyutradarai My Name is Rachel Corrie (2005) yang kemudian memenangkan penghargaan. Judul satu ini mengisahkan tentang siswi AS yang terbunuh oleh tentara Israel di Jalur Gaza.

Karyanya yang terakhir dapat dilihat dalam film  Through the Looking Glass . Ia kembali mengisi suara Absolem sang Ulat. Di hari-hari terakhirnya, ia menghabiskan hari ditemani istrinya, Rima Horton, yang ia nikahi sejak 2012. Selamat jalan, Alan Rickman!

(dilansir dan disempurnakan dari Muvila)

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...