Alasan Boleh Lepas Masker, Menkes Sebut Ini Transisi Menuju Endemi

Rusmanto

Dipublikasikan sebulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Alasan Boleh Lepas Masker, Menkes Sebut Ini Transisi Menuju Endemi
Menkes, istimewa
Winnetnews.com -  Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkap alasan Presiden Joko Widodo membolehkan masyarakat lepas masker di luar ruangan. Selain dikarenakan tren COVID-19 membaik, hal ini merupakan upaya pemerintah mulai memasuki transisi menuju fase endemi COVID-19.

"Bapak Presiden sudah menyampaikan kabar gembira buat kita semua, itu merupakan salah satu bagian dari program transisi bertahap dari pandemi menuju endemi," sebut Menkes dalam konferensi pers Selasa ((17/5/2022).

"Bahwa salah satu hal yang paling penting untuk transisi dari pandemi ke endemi selain data saintifiknya, adalah pemahaman masyarakat bahwa tanggung jawab kesehatan itu ada di diri masing-masing," sebut dia.

Menkes Budi menekankan transisi menuju endemi COVID-19 sudah dipertimbangkan dari perilaku masyarakat. Perilaku masyarakat saat ini dinilai sudah memahami bagaimana langkah pencegahan penyebaran virus dan risiko kesehatan masing-masing pada penularan COVID-19.

"Jadi sekuat apapun negara mengatur masyarakatnya berperilaku hidup sehat, tetap yang paling baik adalah kesadaran masing-masing individu," tutur dia.

Hal ini juga menurutnya dipertimbangkan berdasarkan sejarah pandemi sebelum COVID-19. Pelonggaran pengetatan dilakukan saat banyak warga sudah memiliki kesadaran terkait protokol kesehatan.

"Dari semua pandemi yang kita lihat dalam sejarah kehidupan manusia, transisi itu terjadi pada saat masyarakat sudah menyadari bagaimana caranya melakukan prokes di hidup yang sehat baik di dirinya dan keluarga masing-masing," pungkas Menkes.

Masyarakat Indonesia disebut Menkes juga sudah memiliki daya tahan terhadap infeksi COVID-19 khususnya varian baru Corona, dibuktikan salah satunya melalui sero survei.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Menkes soal Alasan Boleh Copot Masker: Ini Transisi Menuju Endemi"


 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...