Alasan BTS Tak Tampil di Music Core Kembali Jadi Sorotan, Konflik MBC dan HYBE?

Nisa Diniah

Dipublikasikan 5 hari yang lalu • Bacaan 2 Menit

Alasan BTS Tak Tampil di Music Core Kembali Jadi Sorotan, Konflik MBC dan HYBE?
Foto: Twitter/bts_bighit

Winnetnews.com -  BTS belum lama ini melangsungkan comeback dengan album terbaru bertajuk Proof dan lagu utama berjudul Yet To Come. Setelah 2 tahun, BTS juga akhirnya kembali tampil di program musik mingguan Korea Selatan.

BTS tampil di berbagai program musik Korea seperti Mnet Mcountdown pada 16 Juni 2022, KBS Music Bank pada 17 Juni 2022 dan SBS Inkigayo pada 19 Juni 2022. Namun, mereka tidak tampil di MBC Music Core pada 18 Juni 2022. Ketidakhadiran BTS dalam program tersebut mencurigakan bagi sebagian orang.

Spekulasi tentang konflik antara stasiun TV MBC dan HYBE muncul kembali. Outlet media Korea Hankyoreh pada 20 Juni 2022 mengklaim bahwa alasan sebenarnya adalah karena "Cultural Broadcasting Passing" dari HYBE Labels, selaku agensi BTS.

Hal ini disebabkan karena konflik mendalam antara HYBE dan MBC yang dimulai pada Desember 2019. Saat itu, saluran penyiaran Korea sibuk mengadakan acara akhir tahun tahunan masing-masing. Pada saat yang sama, BTS memiliki jadwal yang padat baik di Korea Selatan dan AS.

Saat BTS muncul di festival akhir tahun yang diselenggarakan oleh KBS dan SBS, mereka tidak bisa tampil di MBC Gayo Daejejeon tahun 2019 karena jadwal yang bentrok. Pasalnya, pada hari yang sama, BTS juga dijadwalkan tampil di panggung New York Time Square.

Big Hit Entertainment (sekarang dikenal sebagai HYBE) awalnya mengusulkan penampilan pra-rekaman, tetapi MBC dilaporkan menolaknya. Sejak itu, MBC diduga melarang artis HYBE seperti TXT dan GFRIEND tampil di festival akhir tahun MBC tahun 2019. Pada tahun 2020, TXT juga tidak masuk dalam daftar final Idol Star Athletic Championships.

HYBE kemudian menyelenggarakan konser bersama antara artis Big Hit dan artis di bawah sub-labelnya pada hari yang sama yang diadakan MBC Gayo Daejejeon. Sejak itu, tidak hanya BTS yang tidak pernah tampil di Music Core, tetapi artis lain di bawah naungan HYBE seperti SEVENTEEN, LE SSERAFIM, ENHYPEN, dan fromis_9 tidak pernah muncul lagi di acara tersebut.

Terlepas dari spekulasi tersebut, MBC pada tahun 2019 membantah tuduhan menyalahgunakan kekuasaan mereka untuk "menghukum" HYBE dan mengklaim bahwa keputusan casting dibuat oleh PD.
Menanggapi hal tersebut, Park Hee Ah, seorang kritikus musik pop memberikan tanggapan.

"Dengan perusahaan penyiaran musik yang berbeda dalam warna yang berbeda, konflik antara penyiar dan agensi pada akhirnya membuat para penggemar sulit untuk menikmati berbagai panggung. Penggemar, khususnya, merasa tidak nyaman karena penyanyi favorit mereka tidak bisa menjadi kandidat yang adil," kata Park Hee Ah dikutip dari Kpopstarz.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...