(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

ALASAN MENGAPA MAKANAN CEPAT SAJI MENDOMINASI DI INDONESIA

Dionisius Rio Djayaputra
Dionisius Rio Djayaputra

ALASAN MENGAPA MAKANAN CEPAT SAJI MENDOMINASI DI INDONESIA https://www.foodguruz.in/health/top-10-effective-way-stop-eating-junk-food/

Meningkatnya obesitas, telah diakui sebagai masalah kesehatan di Indonesia selama lebih dari satu dekade. Hal tersebut telah menjadi beban ganda gizi yang buruk terhadap semua orang, sedangkan banyak orang di Indonesia lebih sering mengkonsumsi makanan rendah gizi daripada makanan yang sehat.


Gaya hidup yang tidak sehat masih berlaku di kalangan orang Indonesia, karena semakin banyak orang yang mencari makanan yang disajikan dengan cepat dan sederhana. Adanya keseringan memakan makanan yang bersifat cepat saji adalah salah satu kebiasaan buruk yang terjadi saat ini di Indonesia


Orang-orang Indonesia masih cenderung mengkonsumsi makanan cepat saji dan makanan yang memiliki harga lebih terjangkau. Selain itu, makanan cepat saji di Indonesia terus mendominasi dunia makanan Indonesia. Alasan mengapa makanan cepat saji di Indonesia akan terus mendominasi. Pada dasarnya adalah, konsumen yang tinggal di daerah perkotaan lebih menyukai untuk makan bersama keluarga di luar dibandingkan di rumah pada akhir pekan.


Gaya hidup yang sibuk akan mendorong konsumen untuk mencari tempat makan yang nyaman, dimana restoran cepat saji akan menjadi pilihan nomor satu bagi kalangan remaja, dewasa dan manula. Selain kenyamanan, harga makanan cepat saji lebih terjangkau daripada makan di restoran kelas atas.


Demikian adalah 5 tips cara untuk menghindari makanan cepat saji:

1. Meal planning

Salah satu cara untuk memberikan ide apa yang dapat dikonsumsi untuk hari berikutnya atau seminggu kedepannya. Terkadang orang mempunya habit yang buruk karena tidak tahu harus mengkonsumsi apa, mereka memesan makanan yang cepat dan sederhana. Hal ini dapat membantu untuk menghindari adanya keniatan untuk memakan makanan yang bersifat cepat saji karena kehabisan ide.

2. Ketahui resiko dan dampak buruk mengkonsumsi makanan cepat saji

Terkadang kita suka melupakan dampak buruk dari makanan cepat saji. Kebiasaan buruk seperti ini bisa membuat kita tertagih dengan tidak memikirkan akan kesehatan

kita terlebih dahulu.   

3. Hindari restoran cepat saji

Keniatan tersendiri datang dari setiap individu. Perubahan mindset adalah suatu hal yang penting untuk menghindari restoran-restoran fast food. Menolak kemauan tersendiri, berniat untuk berubah dan bertekad untuk menghindari makanan-makanan tersebut akan membantu anda untuk menimbulkan kebiasaan yang baik.

4. Belajar memasak

Memasak masakan sendiri adalah salah satu hal yang harus diingat bagi anda yang menginginkan untuk merubah kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak baik menjadi yang lebih baik. Mempunyai kemauan untuk masak dirumah dapat membuat anda untuk mengetahui sedikit ilmu mengenai gizi dan kandungan di makanan-makanan tertentu.

5. Selalu sedia makanan sehat

Menyediakan makanan yang sehat di rumah maupun di tempat kerja bisa membantu kita menghindari atau mencegah keinginan untuk membeli junk food ataupun cemilan yang tidak sehat. Pastikan selalu menyediakan makanan sehat seperti buah-buahan, cemilan protein (protein bar), sayur-sayuran dan yoghurt.


Selain itu, ketiadaan gaya hidup sehat adalah ketika kebiasaan yang buruk tumbuh di dalam diri seseorang atau individu. Mengkonsumsi mie kemasan, minuman manis dan lainnya akan menjadi kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari-hari.

 

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});