(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Alasan Pilih Vietnam Jadi Destinasi Liburan

Liani
Liani

Alasan Pilih Vietnam Jadi Destinasi Liburan
image0

Sudah sejak lama Thailand menjadi destinasi klasik untuk wilayah Asia Tenggara. Pantai yang indah, murahnya akomodasi, dan makanan yang lezat membuat negara ini menjadi pilihan teratas wisatawan.

Namun, beberapa tahun terakhir, Vietnam mulai menjadi destinasi andalan baru untuk kawasan Asia Tenggara dengan menawarkan kepadatan turis yang lebih rendah dibanding Thailand dan murahnya akomodasi. Berikut sembilan alasan mengapa Vietnam kini menjadi tempat terbaik untuk berlibur di Asia Tenggara

Kuliner

image1

Kuliner Vietnam terkenal dengan perpaduan rasa dari berbagai macam kebudayaan. Sebut saja banh mi, makanan berupa roti isi ini dibuat dari roti Perancis atau baguette namun dipadukan dengan isian khas Vietnam seperti daging babi, telur goreng, tahu, atau sayuran segar.

Tingginya populasi masyarakat Buddha di Vietnam juga menjadi keuntungan bagi para pelancong vegetarian. Sebab, mereka dengan mudah menemukan “daging buatan” yang terbuat dari tahu atau gluten. Ada juga sup mi terkenal dari Vietnam, yakni pho, nasi, roti kukus, dan lumpia segar.

Tiga destinasi jadi satu

Memiliki lebih dari 3.000 kilometer garis pantai membuat wisatawan serasa berada di tiga negara yang berbeda. Daerah bagian Vietnam terbagi menjadi tiga, yakni Vietnam Utara, Vietnam Tengah, dan Vietnam Selatan.

Ketiga daerah itu memiliki iklim yang beragam dalam satu waktu. Contohnya, di bagian utara salju bisa saja turun di daerah gunung, sementara di bagian selatan, suhu udara bisa mencapai 30 derajat Celcius. Setiap area memiliki keunikan tersendiri dari mulai gunung hingga teluk di Vietnam Utara lalu daerah peternakan di Vietnam Tengah dan banyaknya delta di Vietnam Selatan.

Bahasa

Khawatir tidak bisa berbahasa Vietnam? Tenang saja, sebab banyak masyarakat Vietnam yang sudah bisa berbahasa Inggris. Penduduk lokal senang berbicara dengan Bahasa Inggris dengan para turis. Namun beberapa kata dan kalimat seperti “xin chao” (halo) dan “cam on” (terima kasih) di Bahasa Vietnam akan tetap sering diucapkan oleh mereka dan ada baiknya juga Anda belajar sedikit Bahasa Vietnam sebelum berlibur ke sana.

Penduduk

Saat pergi ke seluruh lokasi di Vietnam, wisatawan akan disambut ramah oleh penduduk lokal yang senang membantu para wisatawan tanpa mengharap imbalan. Meski begitu, di beberapa lokasi wisata, para penjual akan menawarkan barang dengan harga tinggi. Namun, jangan ragu untuk tawar menawar. Berbelanjalah dengan nyaman dan tanpa merasa tertekan.

Tiket pesawat murah

Tiket pesawat menuju Vietnam terbilang cukup terjangkau. Walau jumlah penerbangan langsung dari Jakarta menuju Ho Chi Minh terbilang tak banyak, tetapi jika di masa-masa promo Anda bisa mendapatkan tiket pesawat sekitar Rp 2 juta (pp).

Biaya hidup murah

Biaya hidup di Vietnam terbilang murah. Untuk biaya makan dengan hidangan lengkap serta minuman alkohol hanya menghabiskan sekitar 10 dollar AS per orang. Sementara untuk penginapan, Anda bisa tidur di hotel bintang lima dengan harga di bawah 70 dollar AS. Jika Anda ingin liburan murah, Anda bisa menghabiskan hanya 20 dollar AS per hari di Vietnam.

Sejarah

image2

Jika Anda penggemar sejarah, Anda wajib mengunjungi Vietnam yang seolah tidak malu untuk menunjukkan masa lalunya. War Remnants Museum, Hoa Lo Prison Museum, dan Terowongan Cu Chi memberikan kisah tentang perang Vietnam.

Situs warisan yang menakjubkan

Vietnam memiliki delapan situs warisan dunia UNESCO termasuk Ha Long Bay atau Taman Nasional Phing Nha-Ke Bang. Jika ingin berkunjung ke situs yang lebih memiliki unsur kultural, Kota Tua Ho An dan Suaka My Son bisa dijadikan pilihan.

Keragaman budaya

Vietnam termasuk negara yang memiliki keberagaman tinggi. Saat pergi dari Vietnam Utara menuju Vietnam Selatan, Anda seakan melewati perbatasan negara. Pasalnya, Vietnam memiliki lebih dari 50 kelompok etnis yang berbeda, masing-masing berbicara dengan bahasa mereka sendiri. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});