Alasan Xiaomi Mi 6 Buang Port Audio
ilustrasi

Alasan Xiaomi Mi 6 Buang Port Audio

Rabu, 26 Apr 2017 | 12:59 | Rusmanto

WinNetNews.com - Banyak Mi Fans bertanya-tanya kenapa Xiaomi menghilangkan port jack audio di Mi 6. Perusahaan asal China itu pun akhirnya membeberkan alasannya.

Seperti kita ketahui saat acara peluncuran Mi 6 beberapa waktu lalu, CEO Xiaomi Lei Jun luput menjelaskan sebab pihaknya menanggalkan port jack audio. Lewat akun resminya di situs Weibo, mereka coba memaparkan sebab di balik hal tersebut.

Disebutkan bahwa dihilangkannya port jack audio lantaran untuk memberikan ruang pada komponen lain, salah satunya baterai lebih besar. Mereka pun ingin memisahkan antara interface charging dan transfer data. Semua itu sulit dilakukan jika tidak menghilangkan port audio .

Baca juga:Ikuti iPhone 7, Xiaomi Mi 6 Tidak Miliki Port Audio

Sebagai gantinya, Xiaomi menghadirkan USB Type C yang bisa digunakan untuk menyambungkan headphone. Namun jumlah headphone dengan USB Type C sendiri masih sangat jarang, alhasil pengguna masih memperlukan converter untuk menyambungkannya.

Berharap saja Xiaomi segera merilis headphone dengan konektor USB Type C. Atau alternatifnya menggunakan headset bluetooth yang sudah banyak di pasaran.

Menyoal soal hilangnya port audio di Mi 6, ini bukan kali pertama sebuah ponsel dihadirkan tanpa dilengkapi dengan lubang jack audio 3,5 mm.

Demi menghadirkan bodi yang tipis, Oppo membuang jack audio pada ponsel R5 yang dirilis 2014 silam. Langkah tersebut diikuti LeEco saat merilis Le 2, Le 2 Pro, dan Le Max 2 di awal Januari 2016.

Paling fenomenal saat Apple menghilangkan jack audio 3,5 mm di iPhone 7. Kala itu banyak kritikan yang diterima perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook itu. Tapi kini tidak hadirnya jack audio di ponsel malah menjadi tren.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...