Albertville, Kota yang Miliki Sumber Tenaga Listrik Dari Keju!

Albertville, Kota yang Miliki Sumber Tenaga Listrik Dari Keju!

WinNetNews.com - Sumber produksi utama bagi listrik biasanya berasal dari tenaga alam atau dari bahan bakar dan batu bara. Namun sebuah kota di Perancis menggunakan pembangkit listrik yang sangat lezat dan menjadi favorit bagi banyak orang, yaitu keju.

Melansir laman Telegraph, kota Albertville di Savoie, Perancis, terdapat sebuah desa di kaki pegungungan Alpen yang memanfaatkan keju untuk memproduksi listrik bagi kota tersebut. Keju yang digunakan merupakan salah satu keju khas dari daerah Alpen yaitu keju Beaufort.

Tentu saja bukan keju mentah yang digunakan untuk membangkitkan listrik. Terdapat berbagai proses dan pencampuran dengan gas metan dan karbon dioksida sebelum akhirnya keju tersebut menjadi sebuah biogas dan memproduksi listrik. Untuk lebih menyempurnakan penciptaan gas tersebut, dikembangkan juga bakteri khusus dalam keju.

Listrik ini diproduksi oleh sebuah perusahaan yang bernama Valbio. Francois Decker dari perusahaan tersebut mengatakan bahwa cara yang digunakannya untuk membuat keju tersebut mampu memproduksi listrik tidak jauh berbeda dengan resep sebuah yoghurt alami.

Memang kota ini bukanlah yang pertama dan satu-satunya dalam memproduksi listrik dari keju. Namun produksi listrik ini memiliki skala yang paling besar dibanding yang lain dan mampu mengaliri sebuah perkampungan yang terdiri dari 1.500 orang.

Dengan penemuan ini maka di kemudian hari mungkin bahan-bahan makanan lain juga dapat menjadi sumber yang baik untuk produksi listrik.