Alexis Tsipras Kembali Memimpin Yunani

Alexis Tsipras Kembali Memimpin Yunani

 

Wingamers.com - Alexis Tsipras kembali memimpin Yunani. Setelah mundur karena konflik internal Tunani, partai sayap kiri Syriza yang dipimpinnya mendapatkan "mandat yang jelas" setelah memenangkan pemilihan umum kedua dalam waktu kurang dari sembilan bulan.

Ini artinya Tsipras sudah naik-turun-naik lagi menjadi Perdana Menteri dalam kurun waktu di bawah 12 bulan. Partai Syriza tidak memperoleh kemenangan mayoritas, jadi harus bekerjasama dengan partai lain.

Pemilihan sela dilangsungkan setelah Syriza kehilangan mayoritas Agustus lalu, menyusul penandatanganan kesepakatan dana talangan yang baru dengan kreditur internasional yang tak populer di mata publik Yunani. Hasil penandatanganan kesepakatan baru itu membuat Tsipras turun dari kursi Perdana Menteri. Seperti dilansir BBC, apa yang dibutuhkan Yunani adalah pemerintahan yang solid untuk mengatasi krisis ekonomi yang sudah akut. Perkiraan terakhir menunjukkan, Syriza memperoleh 145 kursi di parlemen beranggotakan 300 orang, sedangkan Demokrasi Baru memperoleh 75 kursi.