Alfia Reziani Pengganti Puan Maharani di DPR Dilantik Hari ini

Alfia Reziani Pengganti Puan Maharani di DPR Dilantik Hari ini

Kamis, 17 Mar 2016 | 09:02 | Rusmanto
WinNetNews.com - Setelah 17 bulan, pengganti Menko PMK Puan Maharani sebagai anggota DPR akan dilantik hari ini. Pelantikan dilakukan di rapat paripurna.

"Iya akan dilantik hari ini," kata Wakil Ketua Fraksi PDIP Hendrawan Supratikno saat dikonfirmasi, Kamis (17/3/2016).

Pengganti Puan itu adalah seorang perempuan juga bernama Alfia Reziani. Dia merupakan pemilik suara terbesar ke-4 di Dapil Jateng V yang sama dengan Puan.

"Penempatannya nanti tergantung fraksi, kalau tidak salah di Komisi VIII," tambah Hendrawan.

DPR RI periode 2014-2019 dilantik pada 1 Oktober 2014. Puan ikut dalam pelantikan itu. Puan terpilih sebagai wakil rakyat dari dapil Jawa Tengah V. Kabinet Kerja terbentuk setelahnya, tepatnya 26 Oktober 2014. Puan juga ikut dalam pelantikan itu.

Tetapi, kala itu pengganti Puan di DPR tidak kunjung dilantik. Bahkan, pengganti Mendagri Tjahjo Kumolo dan Seskab Pramono Anung dilantik lebih dahulu.

Lamanya proses pergantian antar waktu (PAW) Puan ini akibat ada sengketa internal di antara caleg di PDIP. Putri Megawati Soekarnoputri itu ingin Darmawan Prasodjo jadi penggantinya di DPR. Namun Darmawan yang sudah menjadi Deputi I Kepala Staf Kepresidenan menolak.

PDIP mencoba meminta Darmawan menuruti keinginan Puan, namun pria yang karib dipanggil Darmo itu sepertinya sudah nyaman dengan posisinya di Istana. Akhirnya, PDIP mencari pengganti lain, peraih suara terbanyak setelah Darmawan Prasodjo di Dapil Jateng V.

Spekulasi pun merebak. Belum mundurnya Puan dikaitkan dengan keinginan PDIP memeluk kursi Ketua DPR. Tetapi hal itu lalu dibantah oleh PDIP.

disadur dari situs detik-news

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...