Alibaba Beli Startup India untuk Saingi Amazon

Alibaba Beli Startup India untuk Saingi Amazon

Jumat, 19 Agt 2016 | 16:00 | Gunawan Wibisono
WinNetNews.com - Ternyata pasar e-commerce India menarik perhatian Alibaba. Kedepannya Alibaba akan menyasar pasar negeri Bollywood tersebut, dengan mengakuisisi startup lokal

untuk menyaingi amazon.

Nama startup tersebut adalah ShopClues, yang merupakan startup unicorn di India. Valuasinya saat ini, seperti dikutip dari Times of India, Kamis (18/8), lebih dari USD 1 miliar.

Alibaba ingin menggabungkannya dengan marketplace Paytm, di mana dia memiliki saham, dengan ShopClues yang skalanya lebih besar. Dengan strategi ini, Alibaba berharap bisa merebut porsi kue yang dikuasai Amazon di pangsa pasar e-commerce India.

ShopClues punya reputasi sebagai pasar loak online yang cukup populer di India. Startup ini memiliki layanan yang menawarkan barang-barang bermerk bekas namun masih dalam kondisi baik, dengan harga miring.

Performa ShopClue menjadi daya tarik. Startup ini masuk dalam daftar startup yang potensial menjadi target akuisisi di dunia e-commerce India. ShopClue baru-baru ini melaporkan revenue run rate sebesar USD 750 juta berdasarkan nilai penjualan barang kotor.

Dengan mengakuisisi startup yang kuat seperti ShopClue, apalagi jika diintegrasikan dengan layanan lain miliknya, tentunya Alibaba punya tambahan amunisi untuk menyaingi Amazon di India. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...