(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Alibaba Fokus ke China

Rusmanto
Rusmanto

Alibaba Fokus ke China
WinNetNews.com - Alibaba Group memiliki resolusi sendiri di 2016 yang akan memperluas dan memperbaiki produk dan penawaran layanan di negaranya untuk mendorong brand mereka lebih jauh ke daerah-daerah pedalaman.

Mengutip Forbes, Jumat (8/1/2016), Alibaba mengatakan tujuan utama tahun ini adalah untuk "mengkonsolidasikan dan memperluas" pasar China. Sepintas, ini tampak seperti sebuah pernyataan aneh. Muncul pertanyaan, mengapa Alibaba, perusahaan e-commerce terbesar China dengan margin besar membuat fokus pasar dalam negeri?

Pada 2016 ini, keputusan Alibaba untuk fokus ke China adalah bentuk agar Alibaba berkembang tahun ini. Pasalnya, dia harus menghadapi tiga faktor yaitu perlambatan ekonomi, tingkat persaingan e-commerce dan pasar vertikal dan horizontal baru yang dibuka di negaranya.

Hal ini membuat Alibaba tampak berbeda dengan perusahaan lain di China yang memperluas pasar luar negeri untuk mengimbangi perlambatan negaranya. Alibaba perlu bermain di dalam rangka untuk membuka peluang pertumbuhan dalam jangka menengah dan panjang.

Di awal tahun, saham China anjlok hampir 7 persen pada hari pertama perdagangan setelah data resmi dan survei swasta menunjukkan aktivitas manufaktur melambat pada Desember 2015. Alibaba, yang membuat 83 persen dari total pendapatan dari bisnis perdagangan China pada kuartal September sangat terkait dengan perekonomian China.

Namun, perlambatan China bukan berarti melambatkan Alibaba. Pasalnya, 44 persen pengguna internet China belum mengakses belanja online. Sehingga, fokus baru Alibaba pada pasar China akan memungkinkan perusahaan tersebut mengumpulkan sumber daya dan mengarahkan organisasi raksasa untuk menarik 44 persen pengguna tersebut.

Tidak hanya itu, fokus Alibaba menghadapi tingkat persaingan e-commerce membuatnya harus menarik 400 juta orang di China Utara melalui Beijing. Pasalnya, pesaing utamanya JD.com menghabiskan tahun lalu untuk bermitra dengan merek asing agar menarik konsumen China perkotaan.

disadur dari situs okezone

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});