Alternatif Menu Berbuka Puasa: Bubur Mutiara Mangga Nanas

Nadia Chevina

Dipublikasikan 5 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Alternatif Menu Berbuka Puasa: Bubur Mutiara Mangga Nanas
WinNetNews.com - Jika kamu bosan dengan sajian kolak atau es buah yang itu-itu saja, kini kamu dapat mencoba membuat takjil lainnya selama sisa Ramadan ini winners.

Tentunya dengan bahan-bahan tradisional Indonesia. Seperti resep Bubur Mutiara Mangga Nanas. Takjil yang satu ini dijamin dapat menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa.

Bahan-bahan:

200 gram mutiara putih atau merah sesuai selera

400 ml santan

250 ml air

80 gram gula merah yang telah diiris halus

2 lembar daun pandan, diikat menjadi simpul

3 bh pisang matang, kupas, potong sesuai selera

2 sdm ekstra gula merah yang telah diiris halus (untuk saus)

1 sdm ekstra air (untuk saus)

1 sdm biji wijen

1 bh mangga matang, kupas, iris tipis, untuk penyajian

1/2 bh nanas matang, kupas, iris tipis, untuk penyajian

Cara membuat:

1. Tempatkan mutiara ke dalam mangkuk besar, kemudian tambahkan air dingin. Sisihkan selama 2 jam, lalu saring dengan saringan halus. Masak mutiara di panci besar dengan air mendidih selama kurang lebih 10 menit. Tiriskan.

2. Sementara itu, campurkan santan, air, gula dan daun pandan dalam panci besar di atas api kecil. Masak dan aduk selama 5 menit atau sampai gula larut.

3. Tambahkan mutiara dan aduk perlahan hingga tercampur rata. Angkat dan sisihkan agar bubur agak dingin. Tambahkan pisang dan tuangkan ke dalam mangkuk dan tutup dengan plastic wrap. Tempatkan di lemari es untuk bersantai.

4. Untuk saus, campurkan gula merah dan air dalam wajan kecil dengan api besar. Masak, aduk, selama 2 menit atau sampai gula larut. Tambahkan biji wijen dan masak kembali sambil diaduk selama 2 menit atau sampai saus mengental.

5. Buang daun pandan, tuangkan bubur mutiara ke dalam mangkuk saji, kemudian sajikan dengan tambahan mangga dan irisan nanas lelehan sirup wijen diatasnya.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...