Skip to main content

Alur Peristiwa Bom Brussel

Alur Peristiwa Bom Brussel
Alur Peristiwa Bom Brussel

WinNetNews.com - ISIS mengaku bertanggung jawab atas pengeboman yang menewaskan 35 orang di Brussels. Berikut timeline peristiwa saat ledakan terjadi dan peristiwa lainnya yang diakibatkan bom Brussels.

Pemerintah Belgia telah mengumumkan mencari seorang tersangka yang tertangkap oleh kamera pengintai bersama dua lainya yang meledakkan diri di bandara. Diberitakan AFP, Rabu (23/3/2016), ledakan ini terjadi setelah penangkapan Salah Abdeslam yang merupakan tersangka utama dalam bom Paris pada November tahun lalu.

Berikut rangkaian peristiwa ledakan itu yang menggunakan waktu setempat:

Pukul 08.00 : Dua ledakan menghantam bandara Zaventem. Saksi mengatakan mereka mendengar suara tembakan di bagian kedatangan pesawat, sebelum mendegar seseorang berteriak dalam bahasa Arab dan dua ledakan lainnya kembali terjadi.

Polisi mengatakan 1 orang tewas dan beberapa lainya terluka. Tidak beberapa lama, bandara dinyatakan tutup. Tidak lebih dari puku 08.00, ledakan ketiga terjadi di stasiun kereta bawah tanah.

Pukul 08.15: Belgia meningkatkan status menjadi peringatan teror.

Pukul 09.00: Komisi Eropa mengatakan kepada seluruh stafnya tetap tingal di rumah. Kejaksaan Belgia menyebutkan total kerban tewas mencapai 13 orang dan 35 orang luka. Tidak hanya itu, semua transportasi dihentikan.

Pukul 10.00: Kereta cepat Thalys yang melayani rute Belgia, Prancis, dan Belanda berhenti beroperasi. Peningkatan keamanan dilakukan di bandara-bandara di dunia seperti Frankurt, London, dan Moskow.

Pukul 10.15: Presiden Uni Eropa Donald Tusk menyampaikan belasungkawa pada saat serangan teroris.

Pukul 10.45: Perdana Menteri Belgia Charles Michel menyampaikan duka citanya dan menyebut serangan itu sebagai "blind, violent and cowardly". Jaksa Frederic Van Leeuw menyebut salah satu ledakan di bandara disebabkan oleh bom bunuh diri.

Pukul 11.15: Operator transportasi Brussels mengatakan ledakan di Metro menewaskan 15 orang dan 55 lainya luka-luka. Lalu kereta Eurostar jurusan London dan Brussels dihentikan sementara.

Pukul 13.30: Wali Kota Brussels Yvan Mayeur mengatakan 20 orang diduga tewas dan 106 orang luka-luka. Juru bicara pemadam kebakaran juga mengatakan serangan di bandara menyebabkan 14 orang tewas, 90 luka-luka.

Pukul 15.00: Pemerintah Belgia menyatakan 3 hari berkabung. Tidak lama setelahnya, pihak keamanan merilis rekaman dari kamera pengintai yang memperlihatkan pelaku 3 pelaku pemboman.

Pukul 16.15: Bom ketiga milik pelaku berhasil dijinakkan.

Pukul 16.40: ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan di Brussels.

disadur dari situs detik news

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top