Amankah Konsumsi Selai Kacang Cokelat untuk Kesehatan?
ilustrasi

Amankah Konsumsi Selai Kacang Cokelat untuk Kesehatan?

Senin, 22 Feb 2021 | 12:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Makan roti saat sarapan tentu akan terasa semakin nikmat dengan tambahan olesan selai di atasnya. Entah itu selai cokelat, selai stroberi, selai kacang, hingga selai kacang cokelat.

Nyatanya, selai tersebut disukai sebagai pelengkap sarapan maupun topping berbagai makanan. Pasalnya, perpaduan gurihnya kacang dan cokelat yang manis bisa menambah nafsu makan. Namun, bagaimana nutrisinya? Apakah sehat untuk dikonsumsi?

Kenali dulu kandungan gizi pada selai kacang cokelat

Tidak hanya sebagai olesan roti saja, selai kacang cokelat banyak digunakan sebagai topping berbagai makanan favorit, mulai dari pancake, waffle, dan makanan lainnya.

Karena terbuat dari kacang, banyak orang menganggap bahwa selai ini relatif rendah kalori, gula, dan lemak sehingga sehat untuk dikonsumsi setiap hari. Namun, apa benar demikian?

Untuk mengetahui sehat atau tidaknya suatu makanan, Anda perlu melihat dari kandungan nutrisinya. Sebelumnya, simak dulu komposisi selai ini berikut.

  • Gula: Bahan utama selai kacang cokelat terdiri dari gula. Bahkan, setiap satu toples selai kacang cokelat mengandung 57 persen gula.
  • Minyak kelapa sawit: Sejenis minyak nabati yang digunakan untuk memberikan tekstur pada selai.
  • Hazelnut: Salah satu jenis kacang dengan rasa manis dan gurih yang diolah menjadi bentuk pasta. Dilansir dari Healthline, setiap toples mengandung sekitar 50 butir kacang hazelnut.
  • Kakao: Biji cokelat yang diproses menjadi bentuk bubuk dan dicampur dengan bahan-bahan lainnya guna memperkaya rasa cokelat dalam selai.
  • Susu skim bubuk: Susu tanpa lemak yang diproses menjadi bentuk bubuk agar daya simpannya lebih lama.
  • Lesitin kedelai (soy lecithin): Zat berlemak dari kacang kedelai yang berfungsi sebagai pengemulsi, berperan untuk menjaga teksktur halus pada selai.
  • Vanilli: Penguat rasa dan aroma vanili pada selai.

Setiap dua sendok makan (37 gram) selai mengandung 200 kalori, 12 gram lemak, 21 gram gula, 2 gram protein, 4 persen kalsium, dan 4% zat besi. Inilah yang bisa menjadi acuan untuk menentukan apakah selai ini baik atau tidak untuk dikonsumsi.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...