Amankah Konsumsi Suplemen Yohimbe Untuk Atasi Disfungsi Ereksi?
ilustrasi

Amankah Konsumsi Suplemen Yohimbe Untuk Atasi Disfungsi Ereksi?

Minggu, 2 Mei 2021 | 13:00 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Disfungsi ereksi atau impotensi menjadi permasalahan yang cukup genting bagi kaum adam. Karena itulah, berbagai cara akan dilakukan oleh pria untuk mengatasi gangguan tersebut.

Salah satu cara yang dipercaya efektif mengatasi impotensi alias disfungsi ereksi adalah mengonsumsi suplemen yohimbe.

Yohimbe terbuat dari kulit pohon cemara Afrika, yakni Pausinystalia johimbe. Selain meningkatkan performa seks dan mengatasi disfungsi ereksi, binaragawan kerap mengonsumsi herbal ini untuk menghilangkan lemak. Bagi yang ingin punya tubuh ideal, yohimbe dipercaya bisa membantu.

Efektivitas Yohimbe untuk Disfungsi Ereksi

image0

Yohimbe sebenarnya bukan hal baru dalam pengobatan tradisional, khususnya di Afrika Barat.

Herbal ini sering dijual dalam bentuk kapsul atau tablet, dan diedarkan sebagai ekstrak kulit yohimbe (yohimbine), sebutan untuk bahan aktifnya.

Yohimbine dipercaya mampu memblokir reseptor tubuh yang disebut adrenergik alfa-2. Reseptor tersebut bertugas menghambat ereksi. Atas dasar itulah, yohimbine dianggap bisa membuat penis ereksi lebih lama.

Selain itu, yohimbine dapat pula meningkatkan pelepasan oksida nitrat. Senyawa itu bisa melebarkan pembuluh darah dan menstimulasi sirkulasi darah ke organ seksual.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan dalam The Journal of Urology (1989), peneliti mengulas efek yohimbine pada 82 pria dengan masalah impotensi.

Setelah satu bulan diberikan suplemen yohimbe, 34 persen pasien mengalami perbaikan gejala. Sebanyak 20 persennya bahkan melaporkan ereksi penuh dan berkelanjutan sebagai hasil dari manfaat yohimbe.

Namun, tidak diketahui bagaimana hasil dari persentase sisanya. Kemungkinan, mereka tidak mengalami perbaikan kondisi apa pun setelah mengonsumsi suplemen yohimbe.

Di sisi lain, dr. Dyah Novita Anggraini mengatakan bahwa kita tidak bisa mengatakan bahwa yohimbe bisa menjadi solusi jitu dari masalah disfungsi seksual. Sebab, menurutnya, pengobatan gangguan ereksi sangat tergantung dari penyebabnya.

“Terdapat beberapa faktor yang sering menyebabkan disfungsi ereksi, yaitu kondisi psikologis, hormon reproduksi rendah, gangguan pada penis, atau adanya penyakit lain,” jelas dr. Dyah Novita..

“Yohimbe fungsinya mencegah reseptor beta blocker atau agonist beta blocker, penyebab masalah ereksi. Jadi, herbal tersebut hanya bisa membantu apabila penyebabnya dipengaruhi faktor reseptor. Kalau penyebabnya gangguan hormon atau psikis, pasti kurang membantu,” tegasnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...