Amankah Minum Air Dingin Saat Cuaca Panas?
ilustrasi

Amankah Minum Air Dingin Saat Cuaca Panas?

Rabu, 3 Jul 2019 | 07:30 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Kesegaran air dingin yang bisa Anda dapatkan di saat siang bolong yang terik ternyata bisa berpengaruh besar terhadap tubuh Anda, lho. Mengapa demikian? Simak ulasan mengenai apa yang terjadi pada tubuh ketika minum air es atau dingin saat cuaca panas.

Minum air dingin saat cuaca panas ternyata baik untuk tubuh

image0

Banyak orang yang mengatakan kalau minum air es atau air dingin baik saat cuaca panas maupun dingin tidak baik untuk kesehatan Anda.

Pernyataan tersebut juga ditemui pada Ilmu Kesehatan Tradisional India (Ayuverdic). Di dalamnya dikemukakan bahwa minum air dingin memperlambat proses pencernaan di tubuh.

Akan tetapi, sebuah penelitian pada tahun 2013 berkata lain. Pada saat cuaca panas, sangat penting untuk menyeimbangkan suhu dan cairan di tubuh. Jika tidak, Anda tentu berisiko dehidrasi.

Pada penelitian yang melibatkan enam orang dehidrasi, terpapar sinar matahari, dan setelah olahraga menunjukkan bahwa suhu air minum memiliki pengaruh.

Terdapat perbedaan produksi keringat ketika mereka meminum air hangat dan air dingin. Air yang berasal dari keran (16°C) ternyata paling efektif untuk mengembalikan hidrasi para peserta.

Dari penelitian tersebut, kondisi para peserta menunjukkan bahwa mereka tidak berkeringat lebih banyak dan lebih mudah untuk minum dibandingkan ketika harus menenggak air panas.

Meski mungkin masih memerlukan banyak penelitian pendukung, minum air dingin (dengan suhu setidaknya 16°C) saat cuaca panas nyatanya terbukti dapat membantu seseorang mengembalikan cairan tubuhnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...