Amankah Minuman Bubble Tea bagi Kesehatan?

Rusmanto

Dipublikasikan 2 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Amankah Minuman Bubble Tea bagi Kesehatan?
ilustrasi
Winnetnews.com -  Apakah Anda suka minum bubble tea? Bubble tea memiliki rasa manis dan tekstur kenyal dari bola tapioka atau yang terkenal dengan sebutan boba, namun apakah minuman ini baik untuk kesehatan? Ketahui kandungan dan bahaya bubble tea bagi kesehatan!

Apa Itu Bubble Tea? 

Bubble tea adalah minuman yang diperkenalkan dari Taiwan dan kemudian menjadi sangat terkenal di berbagai negara. Minuman ini dibuat dari campuran susu, gula, air, dan pilihan varian teh seperti teh hitam, teh hijau, teh oolong, atau teh putih. 

Minuman ini menjadi lebih spesial dengan tambahan pelengkap yaitu boba atau pearl. Boba adalah bola-bola kenyal yang dibuat dari tapioka yang berasal dari akar singkong yang kemudian direbus dengan gula. 

Semua bahan tersebut disajikan dalam satu gelas yang juga dicampur dengan pemanis seperti gula atau karamel. Dengan rasa yang sangat manis dan sajian yang menarik, minuman bubble tea ini pun menjadi sangat populer di berbagai kalangan. 

Kandungan Minuman Bubble Tea 

Berikut ini adalah informasi nutrisi dan kandungan 1/2 cangkir bola tapioka atau boba kering berdasarkan data dari USDA, yaitu: 

  • Sodium: 0,8 mg
  • Karbohidrat: 67,5g
  • Serat: 0.7g
  • Gula: 2.5g
  • Protein: 0,1g

Bola tapioka atau boba kering dalam minuman bubble tea mengandung sekitar 160-272 kalori per satu cangkir saji. Sementara sirup pemanis tambahan, susu, dan campuran teh dalam satu gelas reguler sajian mengandung sekitar 300-400 kalori. 

Mengukur dari jumlah kalori dan gula yang cukup tinggi dalam satu gelas boba dan kandungan karbohidratnya yang tidak dapat diolah menjadi energi untuk tubuh, menjadikan minuman ini memiliki sangat sedikit manfaat untuk kesehatan dan cenderung berbahaya. 

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...