Amankah Soda Diet untuk Kesehatan Tubuh?
ilustrasi

Amankah Soda Diet untuk Kesehatan Tubuh?

Senin, 13 Jan 2020 | 06:59 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Banyak orang yang menganggap soda diet sebagai minuman alternatif yang jauh lebih sehat dibandingkan dengan minuman bersoda pada umumnya. Hanya saja, mengingat minuman bersoda dikenal sebagai minuman yang tidak sehat, apakah soda diet juga kurang baik jika sering dikonsumsi?

Dampak Minum Soda Diet bagi Tubuh

Sebagaimana minuman bersoda pada umumnya, soda diet memiliki rasa yang cenderung manis, segar, dan dihiasi dengan gelembung. Meski banyak orang yang percaya jika minuman ini lebih sehat dibandingkan dengan minuman soda biasa, hingga saat ini belum ada banyak penelitian yang membuktikan kebenaran dari anggapan ini.

Diet soda adalah minuman yang terdiri dari air berkarbonasi, pewarna buatan, perasa buatan, dan pemanis buatan. Selain itu, kita juga bisa menemukan beberapa zat aditif. Pakar kesehatan dr. Divya Sharma dari Motherhood Hospital, Noida, India menyebut kadar kalorinya biasanya sangat kecil dan rendah nutrisi.

Sementara itu, dr. Samrat Shah dari Bhatia Hospital, Mumbai, menyebut di dalam soda diet memang tidak ditemukan kandungan gula, namun kita bisa menemukan pemanis buatan seperti aspartame dan sakarin. Selain itu, kandungan kafein di dalamnya juga sangat tinggi.

Dr. Shah juga menyebut ada penelitian yang mengaitkan konsumsi soda diet dengan masalah pada jantung seperti serangan jantung, tekanan darah tinggi, hingga masalah metabolik seperti diabetes, obesitas, serta gangguan otak layaknya demensia, stroke, dan masalah hati. Ia juga menyebut minuman ini bisa menyebabkan peradangan di dalam pembuluh darah.

“Tingginya kandungan kafein dan pemanis buatan di dalam minuman bersoda bisa meningkatkan kadar dopamine di dalam otak. Hal ini memang bisa memberikan sensasi puas atau bahagia, namun saat kadar dari hormon ini berkurang, maka akan menyebabkan sensasi lelah. Kita bahkan seperti ingin mengonsumsi soda diet kembali seperti ketagihan. Hal ini bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan,” ucap dr. Shah.

Memang, soda diet bisa menurunkan asupan kalori dan gula lebih rendah jika dibandingkan dengan minuman bersoda biasa, namun jika kita sering mengonsumsinya, tetap saja akan menyebabkan efek buruk bagi berat badan. Fakta ini terungkap dalam penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Cell Metabolism pada 2016.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...