Amankah Tidur dengan Gunakan Penutup Telinga?

Rusmanto
Rusmanto

Amankah Tidur dengan Gunakan Penutup Telinga? ilustrasi
Winnetnews.com -  Suara bising bisa mengganggu tidur Anda. Itulah sebabnya, Anda mungkin menggunakan penutup telinga alias earplug untuk dapat tidur dengan nyaman. Namun, apakah tidur pakai sumbatan telinga itu aman? Yuk, cari tahu jawabannya berikut ini.

Amankah pakai penutup telinga untuk tidur?

Earplug memang sangat umum dan aman digunakan saat tidur. Alat ini dapat memblokir suara-suara di sekitar, terutama suara berisik yang mengganggu.

Bagi Anda yang tinggal di kawasan dekat pabrik, jalan besar, atau bandara, earplug sangatlah memberikan manfaat.

Tidur lebih nyenyak pakai sumbatan telinga, tentu memberikan dampak pada kualitas hidup. Contohnya, Anda jadi tidak mengantuk di siang hari, tetap produktif, suasana hati terjaga, dan tentunya terhindar dari stres.

Selain untuk tidur nyenyak, memakai penutup telinga juga memberikan banyak manfaat. Sebuah studi yang diterbitkan Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research menunjukkan bahwa earplug dan masker mata dapat merangsang hormon melatonin. Hormon inilah yang memerintahkan tubuh untuk beristirahat dan tertidur.

Hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya peningkatan tidur REM (rapid eye movement). Tidur REM adalah bentuk tidur yang meningkatkan aktivitas di otak dengan bermimpi. Tidur ini memengaruhi peningkatan daya ingat seseorang.

Apa Reaksi Kamu?