Amankan Anak dari Pengaruh Buruk Internet

Liani
Liani

Amankan Anak dari Pengaruh Buruk Internet

 Saat ini, semakin banyak kita menemui anak-anak yang asyik memainkan smartphone atau tablet-nya sendiri tanpa pengawasan orangtua. Faktanya, memang belum semua orangtua sadar terkait bahaya yang mengintai di ranah online.

Oleh karena itu, untuk membantu para orangtua agar tetap dapat mengawasi anak-anak mereka saat mengakses ber-online ria, berikut kami berikan beberapa tips untuk menjaga Anak anda tetap aman dalam menjelajah internet seperti yang dikutip dari laman Mirror.

1. Jika anak Anda menggunakan media sosial, periksa pengaturan privacy untuk memastikan bahwa mereka hanya dapat berbagi dan chatting dengan orang yang mereka kenal.

2. Atur Restricted Mode di YouTube. Sama seperti Google, fitur ini dapat menyaring konten dewasa dari hasil pencarian.

3. Pastikan bahwa anak Anda selalu memberitahukan hal-hal yang mengganggu atau membuat mereka marah dari internet tanpa membuat merasa malu atau takut.

4. Aman mesin pencari. Google sebenarnya memiliki fitur yang diberi nama SafeSearch. Fitur ini dapat menyaring konten dewasa yang muncul dari hasil pencarian.

5. Mulai perhatikan alasan anak Anda menjelajah internet, serta minta mereka untuk menunjukkan hal yang menarik perhatian mereka di internet.

6. Cek pengaturan app store untuk memastikan anak Anda hanya dapat mengunduh aplikasi yang sesuai dengan umur mereka dan mereka tidak dapat membeli item apapun dari aplikasi berbayar tanpa seizin Anda.

7. Selalu diingat bahwa Anda sebagai orang tua adalah role model bagi anak-anak. Jadi mulailah untuk memberikan contoh langsung berinternet yang aman pada anak Anda.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});