Ambisius China Kuasai Pasar Teknologi Global, Trump Bisa Jadi Panik
Proyek 'Made in China 2025'bikin Presiden Amerika Serikat, Donald Trump panik karena kalah dari China yang doprediksi bakal menguasai pasar teknologi. (Foto: The Conversation)

Ambisius China Kuasai Pasar Teknologi Global, Trump Bisa Jadi Panik

Sabtu, 23 Mei 2020 | 19:30 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Ambisi China mengalahkan Amerika Serikat di bidang teknologi sekaligus menjadi pemimpin global tak terbendung lagi.

Dikutip dari JPNN.com, Sabtu (23/5), tak tanggung-tanggung, China menyiapkan satu triliun dolar dalam perencanaan induk Xi Jinping "Made in China 2025" yang meliputi pengembangan jaringan nirkabel generasi terbaru hingga kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Mengutip South China Morning Post, China menyiapkan investasi sebesar 10 triliun yuan (USD 1,4 triliun) selama enam tahun hingga 2025.

Investasi tersebut dipusatkan dalam memperluas jaringan nirkabel 5G, instalasi kamera dan sensor, perangkat lunak AI untuk mendukung teknologi mobil otonom dan pengawasan massal. Proyek ini menggandeng Huawei Technologies.

Inisiatif infrastruktur baru diharapkan akan mendorong sebagian besar raksasa lokal, dari Alibaba Group Holding dan Huawei ke SenseTime Group dengan menyingkirkan perusahaan AS.

Program “Made in China 2025” ini pun akhirnya memancing kekhawatiran pemerintahan Donald Trump.

"Tidak ada yang seperti ini sebelumnya, ini adalah langkah China untuk memenangkan perlombaan teknologi global," kata Kepala Operasi Digital China Holdings, Maria Kwok.

Dorongan investasi teknologi merupakan bagian dari paket fiskal dan tinggal menunggu persetujuan dari Kongres Rakyat Nasional, pekan ini.

Pemerintah diperkirakan akan mengumumkan pendanaan infrastruktur sebesar USD 563 miliar pada tahun ini.

Proyek infrastruktur digital terbaru diharapkan akan membantu masyarakat mengembangkan teknologi mutakhir.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...