Amien Rais Tidak Lagi Sandang Gelar Guru Besar UGM

Daniel
Daniel

Amien Rais Tidak Lagi Sandang Gelar Guru Besar UGM Amien Rais

Winnetnews.com - Amien Rais jadi salah satu sosok yang begitu vokal dalam menentang hasil dari penyelenggaraan Pilpres 2019. Bahkan, Amien juga yang menyerukan people power sebagai bentuk protes yang harus dilakukan massa menentang hasil Pilpres 2019.

Sebelum berada di dunia politik, Amien merupakan seorang guru besar Fisipol Universital Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Akan tetapi gelar guru besar Amien kini sudah hilang, hal itu dikonfirmasi oleh Ketua Dewan Guru Besar UGM, Koentjoro.

“Saya selaku Ketua Dewan Guru Besar Universitas Gadjah Mada barangkali banyak yang menanyakan, kan beliau profesor, lalu bagaimana tanggung jawabnya?” kata Koentjoro di Kampus UGM seperti dikutip dari Detik.

Koentjoro tidak bisa berkomentar lebih mengenai aspek kebangsaan seorang Amien Rais. Hal itu diasari status Amien Rais yang kini sudah pensiun dari UGM. “Beliau sudah pensiun. Guru besar atau profesor itu adalah jabatan akademik, sehingga ketika beliau itu pensiun maka jabatan akademik sebagai guru besar itu pun sebetulnya juga harusnya hilang,” kata Koentjoro.

Senada dengan Koentjoro, Rektor UGM Yogyakarta, Panut Mulyono, menyatakan institusinya sudah tidak bertanggung jawab atas apa yang dilakukan oleh Amien saat ini. “Profesor Amien Rais itu sudah purna, sudah pensiun dari Universitas Gaja Mada, sehingga secara institusi sudah tidak adak ikatan secara struktural ya,” tambah Panut.

Apa Reaksi Kamu?