Anak Ini Terpaksa Jadi Kuli Bangunan Demi Beli HP untuk Kelas Online
Foto: Kumparan

Anak Ini Terpaksa Jadi Kuli Bangunan Demi Beli HP untuk Kelas Online

Selasa, 11 Agt 2020 | 08:30 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Pandemi virus corona yang terjadi saat ini, telah mengubah sistem pembelajaran. Proses belajar dan mengajar yang awalnya dilakukan secara tatap muka, namun kini hanya bisa diterapkan secara daring.

Tentu saja kondisi tersebut mendatangkan masalah baru bagi mereka yang di rumahnya tidak memiliki sinyal internet atau bahkan tak mempunyai gadget untuk digunakan selama belajar online. Seperti yang dialami oleh seorang siswa MTs Ya Robi asal Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, bernama Catur Ferianto.

Dia diketahui tidak memiliki smartphone yang mendukung sistem pembelajaran online, sehingga ia memilih bekerja sebagai kuli bangunan. Hal tersebut dilakukannya semata-mata hanya agar mempunyai uang yang bisa digunakan untuk membeli ponsel pintar dan dapat dipakai saat sekolah online.

 “Selama ini untuk mengerjakan tugas saya selalu meminjam miliknya kakak,” ujar Catur dikutip Kumparan.

jadi kuli bangunan untuk beli hp
Foto: Kumparan

Lantaran sang kaka baru pulang kerja setelah pukul 21.00 WIB, tugas sekolah Catur pun jadi sering terlambat dikerjakan. Orang tua Catur, Suwarsih, mengaku tidak mampu untuk membelikan anaknya sebuah smartphone.

“Selama ini kan sejak ada corona belajarnya di rumah. Itu perlu HP, kalau mengerjakan tugas si Catur pinjam milik mbaknya,” jelas Suwarsih.

Sebenarnya, Suwarsih tak tega melihat anaknya bekerja sebagai kuli bangunan seperti itu. Namun keinginan dan tekad yang dimiliki oleh Catur, membuat dirinya memberikan izin.

Jam kerja Catur sebagai kuli bangunan diketahui sama dengan pekerja yang lainnya. Setiap harinya, anak ini mendapatkan upah sebesar Rp50.000.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...