Anak Perusahaan Alibaba di Indonesia PHK Belasan Karyawan Secara Sepihak
Istimewa

Anak Perusahaan Alibaba di Indonesia PHK Belasan Karyawan Secara Sepihak

Jumat, 8 Feb 2019 | 16:39 | Daniel

Winnetnews.com - Perusahaan teknologi informasi asal China, UCWeb Inc. yang merupakan bagian dari grup raksasa Internet asal China Alibaba, melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) secara sepihak kepada 12 karyawannya di Indonesia. Total 12 karyawan yang terkena PHK merupakan bagian dari tim operasional untuk produk aplikasi berbasis internet milik UCWeb yakni UC Browser dan UC News App. Berdasarkan rilis yang diterima oleh Winnetnews.com, pihak perusahaan tidak membayarkan gaji terakhir dan bonus performa tahun 2018 yang menjadi hak karyawan.

PHK sepihak yang dilakukan oleh UCWeb Inc. dan dilaksanakan PT. Computer Automasi Digital Solusindo (CAD Solusindo) dinilai tidak sesuai dan menabrak regulasi yang tertuang pada Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

“PHK dilakukan UCWeb Inc. secara sepihak lantaran berniat mengubah strategi perusahaan, bukan karena para karyawan tersebut melakukan kesalahan dalam bekerja. Alasan tersebut sudah disampaikan kepada para karyawan yang mendapat PHK. Namun PHK secara sepihak yang dilakukan perusahaan tidak mengindahkan Pasal 151 dan Pasal 152 UU Ketenagakerjaan,” tulisnya dalam rilis tersebut.

Langkah selanjutnya belasan karyawan yang merasa sangat dirugikan tersebut mengajukan sengketa PHK ke Suku Dinas Tenaga Kerja (Sudinaker) Jakarta Barat. Penahanan gaji terakhir dan bonus performa telah melanggar Pasal 93 huruf F dan bisa dikenakan Pasal 95 ayat 2 UU Ketenagakerjaan dan Pasal 55 Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan.

CAD Solusindo sendiri merupakan pihak yang dipercaya untuk mengurus kontrak kerja outsourcing karyawan UCWeb di Indonesia. 12 karyawan yang mendapat PHK secara sepihak dari UCWeb merupakan karyawan alih daya dengan skema kontrak perjanjian kerja waktu tertentu (PKWT). Pihak UCWeb tidak mengurus langsung administrasi kepegawaian 12 karyawan tersebut melainkan mengalihkan kuasanya kepada CAD Solusindo.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...