Anas Urbaningrum Sebut Artidjo Akan Menyesal
Sumber foto : Istimewa

Anas Urbaningrum Sebut Artidjo Akan Menyesal

Jumat, 25 Mei 2018 | 00:23 | Oky

Winnetnews.com - Terpidana kasus korupsi proyek pusat olahraga Hambalang, Anas Urbaningrum menilai putusan kasasi yang dikeluarkan oleh mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar tidak kredibel.

Atas alasan itu, mantan Ketua Umum DPP Partai Demokrat tersebut mengajukan Peninjauan Kembali (PK) ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus).

Sebab, dalam putusan Artidjo Alkostar vonis hukuman Anas diberatkan dari 7 tahun ke 14 tahun penjara.

"Seluruh putusannya (Artidjo) menurut saya tidak kredibel," tegasnya saat ditemui di PN Jakpus, Jalan Bungur Raya, Kamis (24/5).

Anas menegaskan secara pribadi dirinya sangat hormat dengan Artidjo. Namun Artidjo mengeluarkan putusan tidak kredibel karena sesungguhnya tak berdasar atas fakta-fakta dan bukti-bukti yang terungkap dalam persidangan.

"Kalau Pak Artidjo mengerti persis, saya yakin Pak Artidjo akan menyesal dengan putusannya itu. tetapi apapun saya hormati putusan itu. Karena adil atau tidak adil kan sudah menjadi putusan dan sudah dieksekusi beberapa waktu," tekan Anas.

Anas Urbaningrum divonis 8 tahun penjara oleh Pengadilan Tipikor Jakarta dari tuntutan KPK selama 15 tahun penjara.

Vonis tersebut berkurang satu tahun yaitu menjadi 7 tahun saat Anas banding ke Pengadilan Tinggi (PT) Jakarta.

Namun, saat kasasi ke Mahkamah Agung (MA), Hakim Artidjo memperberat vonis Anas menjadi 14 tahun lamanya.

Hari ini, di PN Jakpus, Anas akan menjalani sidang perdana PK yang diajukannya. Sedianya sidang itu dimulai pada pukul 10.00 WIB tadi. Namun hingga berita ini dilaporkan, sidang tak kunjung dimulai.

Anas yang sudah berada diruang sidang sedari pukul 10.30 WIB tadi itu nampak asyik berbincang dengan orang-orang terdekatnya sembari menunggu datangnya hakim.

Sementara itu Artidjo Alkostar telah resmi pensiun dari jabatan Hakim Agung. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...