Android Go, Smartphone Android dengan Fasilitas Minim

Rusmanto
Rabu, 06 Desember 2017 13:37 WIB
Oleh Rusmanto pada Rabu, 06 Desember 2017 13:37 WIB
Image Android Go, Smartphone Android dengan Fasilitas Minim
ilustrasi

WinNetNews.com - Di ajang Google I/O 2017 Mei lalu, Google menjanjikan akan merilis Android versi khusus untuk perangkat kelas bawah.

Dan hari ini Google memenuhi janjinya itu dengan merilis Android Go (edisi Oreo), dan sudah tersedia untuk para vendor ponsel serta developer aplikasi. Jadi peluncuran ini tak membuat Android Go langsung tersedia untuk para pengguna.

Pemikiran di balik Android Go sebenarnya sederhana, yaitu Android Oreo yang didesain untuk ponsel dengan RAM antara 512 MB sampai 1 GB. Sebagai perbandingan, Pixel 2 -- dan kebanyakan ponsel flagship lain punya RAM setidaknya 4 GB.

Membuat Android Oreo versi khusus ini tentu bukan hal mudah, karena Google juga perlu menyunat kebutuhan sejumlah aplikasi dasar di Android, seperti Google Assistant, Maps, Gmail, dan lainnya, demikian dikutip dari The Verge, Rabu (6/12/2017).

Android Go berbeda dengan Android One, meski keduanya didesain untuk perangkat kelas bawah. One adalah sebuah sistem di mana Google bekerja sama langsung dengan vendor pembuat ponsel untuk memilih fitur mana yang akan tersedia, juga untuk terus menyediakan pembaruan OS, mirip Nexus.

Namun Android Go adalah Android versi penuh yang tersedia melalui Android Open Source Project, dan bisa digunakan oleh semua vendor ponsel. Namun yang patut diperhatikan, hal yang membuat Android Go istimewa adalah aplikasi dari Google yang ukurannya sudah diperkecil, dan belum terungkap bagaimana nasib aplikasi-aplikasi lain di luar itu. (detikcom)

Selain Minum, Beginilah Cara Jaga Hidrasi saat Puasa
Lagi Viral! Ini Cara Bikin Es Kepal Milo, Gampang Lho!

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.