Aneh tapi Nyata! Negara Ini Pilih Pelawak untuk Jadi Presiden

Cindy Cesilia
Cindy Cesilia

Aneh tapi Nyata! Negara Ini Pilih Pelawak untuk Jadi Presiden Sumber: BBC
Winnetnews.com - Selama ini sosok pemimpin negara pastinya berasal dari orang yang berpengalaman dan berwawasan luas dan cerdas atau yang memiliki latar belakang terkait pemerintahan. Namun berbeda dengan negara Ukraina. Dikutip dari BBC, komedian Ukraina Volodymyr Zelensky memenangkan pemilihan presiden di negara itu.

Publik Ukraina memberikan lebih dari 70 persen suaranya untuk sang komedian pada pemungutan suara tiga minggu lalu. Pelawak berusia 41 tahun itu menantang presiden yang sudah menjabat terlebih dulu, Petro Poroshenko yang akhirnya mengaku kalah. “Aku tidak akan pernah mengecewakanmu,” kata Zelensky kepada para pendukungnya.

Zelensky sendiri terkenal membintangi serial televisi satir. Dia memiliki karakter menjadi presiden Ukraina. “Saya belum resmi menjadi presiden. Namun sebagai warga negara Ukraina, saya dapat mengatakan kepada semua negara di Uni Soviet. Lihat kami, apa pun bisa terjadi!” ucap pelawak tampan itu.

Jika resmi menjadi presiden nanti, dia akan memimpin negara itu selama lima tahun. Sementara itu, menurut para pengamat poltik, mereka percaya gaya informal Zelensky dan janjinya untuk membersihkan politik Ukraina sejalan dengan harapan para pemilih yang kecewa dengan pemerintahan di bawah Poroshenko.

Para pengamat mengatakan, para pendukungnya frustrasi dengan politisi dan kroniisme yang mapan. Zelensky menang karena punya energi dari karismanya dan pesan anti korupsi yang disuarakannya.

 

 

Apa Reaksi Kamu?