Anggarkan USD175 Juta, Google Komitmen Setarakan Ras
Google komitmen menyetarakan ras dalam segala lini, terutama di bidang bisnis dan pendanaan. (Foto: Forunte)

Anggarkan USD175 Juta, Google Komitmen Setarakan Ras

Jumat, 19 Jun 2020 | 10:50 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Google berkomitmen menganggarkan lebih dari 175 juta dolar Amerika Serikat (AS) untuk inisiatif kesetaraan ras. Google akan fokus pada pembiayaan bisnis milik kulit hitam dan mendukung pengusaha kulit hitam.

Dana tersebut diumumkan CEO Google, Sundar Pichai pada Rabu (17/6) bersama sejumlah komitmen untuk memerangi rasisme anti kulit hitam. Komitmen 175 juta dolar AS adalah bagian dari paket peluang ekonomi yang dipecah Google menjadi empat kelompok.

Jumlah terbesar adalah 100 juta dolar dalam pendanaan untuk diarahkan ke perusahaan modal ventura yang dipimpin kulit hitam, startup dan organisasi lain yang berfokus pada pengusaha kulit hitam. Sebanyak 50 juta dolar AS lainnya akan digunakan sebagai pembiayaan dan hibah untuk usaha kecil yang berfokus pada komunitas kulit hitam.

Dilansir Republika, Jum'at (19/6), Google mengatakan 15 juta dolar AS akan digunakan untuk program pelatihan bagi pencari kerja kulit hitam, yang akan dioperasikan oleh mitra. Sementara 10 juta dolar AS akan digunakan untuk mendukung pengembang kulit hitam dalam ekosistem Google dengan menawarkan akses ke peluang pendidikan dan ekonomi.

Selain dana itu, Google berkomitmen 3 juta dolar AS untuk mendukung siswa kulit hitam dengan fokus pada pendidikan ilmu komputer awal. Google mengumumkan sumbangan awal 12 juta dolar AS untuk memerangi ketidaksetaraan ras awal bulan ini.

Google juga membuat sejumlah perubahan di dalam perusahaannya untuk mendukung karyawan kulit hitam dan perwakilan kulit hitam. Perusahaan telah berkomitmen untuk menambahkan lebih banyak karyawan kulit hitam ke kepemimpinan senior dan meningkatkan inklusi kelompok kepemimpinan umum dari orang-orang dari kelompok yang kurang terwakili sebesar 30 persen pada 2025.

Dalam laporan Google’s 2020 Diversity dikatakan karyawan kulit putih menyumbang 65,9 persen peran dalam karyawan AS dan Asia+ menyumbang 29,6 persen. Karyawan Black+ menghasilkan hanya 2,6 persen.

Pichai juga mengatakan Google akan melakukan lebih banyak untuk meningkatkan perekrutan, retensi dan promosi orang-orang dari kelompok yang kurang terwakili dan bekerja, untuk menciptakan rasa inklusi dan rasa memiliki yang lebih kuat untuk karyawan kulit hitam Google.

Google berencana untuk menambahkan program pelatihan anti-rasisme tambahan dan menskalakannya ke seluruh tenaga kerjanya. Pichai mengatakan Google bekerja memperluas sumber daya kesehatan mental dan manfaat lainnya untuk mendukung karyawan kulit hitam, serta keluarga mereka dengan lebih baik.

Pengumuman mengikuti komitmen 12 juta dolar AS dari Google untuk organisasi yang bekerja untuk mengatasi kesenjangan ras yang diumumkan awal bulan ini. YouTube, yang dimilik oleh Google, juga mengumumkan dana 100 dolar AS untuk mendukung kreator kulit hitam.

“Menciptakan perubahan berarti dimulai di perusahaan kita sendiri. Memperkuat komitmen kami terhadap keadilan ras dan inklusi akan membantu Google membangun lebih banyak produk bermanfaat bagi pengguna dan dunia kami,” tulis Pichai dalam memo yang dikirim ke perusahaan, seperti yang dilansir dari The Verge, Kamis (18/6).

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...