Angkasa Pura I Akan Kelola Bandara Kalimarau

Angkasa Pura I Akan Kelola Bandara Kalimarau

Kamis, 29 Sep 2016 | 11:50 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - PT. Angkasa Pura sebagai pengelola bandara di Indonesia yang cukup bagus dalam mengelola kebandarudaraan. Sehingga Angkasa Pura telah menjadi 10 operator airport terbaik se Asia. Angkasa Pura yang membagi konsentrasi kelola menjadi dua bagian yakni untuk area wilayah timur Indonesia dan wilayah barat Indonesia. Dan Angkasa Pura merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ditangani langsung oleh Departemen Perhubungan.

Mengutip dari laman Beraukab.go.id , Senin (26/9) Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kalimarau, Kabupaten Berau Bambang Hartato mengatakan bahwa telah ada wacana yang akan dilakukan oleh Angkasa Pura I, untuk mengelola bandara-bandara khususnya di area timur Indonesia yakni seperti Bandara Samarinda Baru, Tarakan, Palu, Gorontalo, Sentani, Mopah, Komodo, dan Palangkaraya. Dan salah satu bandaranya yang berada di Provinsi Kalimantan Barat yaitu Bandara Kalimarau telah masuk pada wacana kelola Angkasa Pura I .

Sedangkan wacana Angkasa Pura II bakal kelola bandara di area Barat Indonesia yakni di Lampung dan Batam. Bambang mengatakan bahwa wacana pengelolaan baik yang bakal dikerjakan oleh Angkasa Pura I maupun Angkasa Pura II, bahwa semuanya itu masih berbentuk wacana, belum tahu pastinya ataupun secara resmi.

Terkait rencana itu, Bambang menegaskan bahwa apapun bentuk pengelolaannya, pihaknya tidak keberatan jika nantinya Bandara Kalimarau dikelola oleh Angkasa Pura I, atau Kementerian Perhubungan. Masih menunggu keputusan dari pemerintah.

Bambang sampaikan juga apa pun keputusannya, nantinya akan dikelola oleh siapa, tidak akan jadi masalah, tinggal dikerjakan saja. Yang penting pengelolaan untuk kebandarudaraan segera dapat dilaksanakan, paling tidak, tujuannya yakni pelayanan di Bandara Kalimarau disiapkan yang terbaik.

Bandara Kalimarau dibangun cukup luas, yakni terdiri dari terminal domestik luasnya 10.462 m2, Terminal VIP 505 m2, Terminal Internasional 5.700 m2, dan Terminal Kargo-nya 592 m2. Sejak dari tahun 2010 bandara ini telah dibangun, dan mulai beroperasi dua tahun setelahnya.

Pembangunan bandara ini telah memakan biaya sebesar Rp 433 milliar. Saat ini telah ada 4 maskapai yang telah beroperasi secara rutin di Bandara Kalimarau yakni Garuda Indonesia, Wings Air, Sriwijaya Air, dan Kalstar Aviation. Penerbangannya terjadwal di pagi dan sore hari.

Diharapkan ke depannya, bandara ini dapat dimaksimalkan dalam meningkatkan kunjungan baik wisman lokal maupun internasional, sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan atau kinerja perekonomian daerah

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...