Anies Buat Jalur Sepeda Permanen, PDIP: Mempersempit Badan Jalan
Jalur sepeda permanen di Sudirman-Thamrin (Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Anies Buat Jalur Sepeda Permanen, PDIP: Mempersempit Badan Jalan

Senin, 1 Mar 2021 | 14:00 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Pemprov DKI saat ini tengah membangun jalur sepeda permanen yang terletak di kawasan Sudirman-Thamrin. Menanggapi hal itu, Anggota Komisi B DPRD DKI Gilbert Simanjuntak menilai pembangunan jalur yang lebarnya mencapai 2 meter itu berlebihan.

Lebih lanjut, Gilbert menjelaskan, jalur sepeda yang telah ada di sejumlah wilayah Jakarta saat ini lebarnya hanya 1,5 meter. Dengan pembangunan jalur sepeda permanen yang lebarnya mencapai 2 menter, menurutnya akan semakin mempersempit badan jalan. 

"Kebijakan Gubernur di bidang transportasi sangatlah tidak menyentuh dengan mengutamakan jalur sepeda yang mempersempit selebar 2 meter badan jalan. Padahal, jalur sepeda banyak yang tidak dilalui sepeda dengan jumlah cukup, dan sebagian besar jadi jalur sepeda motor dan parkir mobil," kata Gilbert kepada wartawan, Minggu (28/2).

Ia menilai pembuatan jalur sepeda dengan ukuran yang lebih lebar belum tepat untuk diterapkan saat ini. Pasalnya, fasilitas transportasi publik belum optimal dan masih banyak warga Jakarta yang beraktivitas menggunakan kendaraan pribadi.

"Jaklingko belum berjalan optimal. Minim sekali yang berfungsi baik. Sementara, trotoar diperbesar, sehingga makin mempersempit jalur mobil dan motor," ucap dia.

Gilbert pun berharap agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terlebih dahulu meningkatkan fasilitas transportasi publik, seperti menambah jumlah armada, frekuensi, ketepatan waktu dan jumlah jalur

"Peningkatan ini agar mencapai seluruh daerah di Jakarta. Hanya Jakarta, Manila dan Medellin yang tranportasi publik dimiliki swasta. Seharusnya pajak yang dipungut dikembalikan juga ke sektor transportasi, selain pendidikan dan kesehatan," sebut dia.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...