Anies: Jakarta Bukan Hanya Ibu Kota Indonesia, tapi juga ASEAN

Anggara Putera Utama

Dipublikasikan 2 bulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

Anies: Jakarta Bukan Hanya Ibu Kota Indonesia, tapi juga ASEAN
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Winnetnews.com -  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap Jakarta dapat menjadi pusat kegiatan kesenian yang diperhitungkaan di kancah internasional. Menutnya, Jakarta tak hana menjadi Ibu Kota Republik Indonesia, tetapi juga telah dianggal menjadi ibu kota Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).

"Bahwa Jakarta ini bukan hanya kota pusat kegiatan perekonomian kegiatan pemerintahan di Indonesia, tapi Jakarta adalah pusat kegiatan kesenian Indonesia dan lebih penting lagi, kita ingin Jakarta diperhitungkan di dalam kancah internasional. Ini bukan hanya ibu kotanya Indonesia, ini adalah ibu kotanya ASEAN," kata Anies saat memberikan sambutan di acara Jakarta Biennale 2021: ESOK melalui siaran di kanal YouTube Jakarta Biennale seperti dikutip, Minggu (21/11).

Mantan Mendikbud itu mengatakan ada dua bukti terkait hal tersebut, yakni adanya dua diplomat yang ditugaskan di Kedutaan-kedutaan besar di Jakarta. Kemudian, bendera Indonesia dan bendera ASEAN juga terpampang di kedutaan besar luar negeri.

"Datanglah ke kedutaan-kedutaan yang ada di Jakarta. Sekarang mayoritas punya dua duta, satu duta besar untuk Indonesia, satu duta besar untuk ASEAN. Begitu juga kalau kita datang kedutaan besar di luar, ada dua bendera di situ, satu adalah bendera Indonesia satu bendera ASEAN," ungkapnya.

Ia menilai karya seni yang muncul di Jakarta bukan hanya menjadi konsumsi nasional, tetapi juga telah menjadi konsumsi internasional. Hal ini, kata Anies, semakin menunjukkan Jakarta adalah kota yang telah mendunia.

"Menunjukkan bahwa Jakarta adalah kota Internasional dan karya-karya yang muncul di Jakarta bukan hanya untuk konsumsi warga Jakarta, tapi harus bisa jadi konsumsi nasional dan konsumsi Internasional," katanya.

"Kami selalu menggarisbawahi setiap warga di Jakarta itu harus ingat, dia warga Jakarta, dia warga Indonesia dan dia warga dunia. Jadi ruang berkiprahnya bukan hanya untuk skup lokal dan domestik, tapi berkiprahnya skup global," tutur Anies.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...