Anies Klaim Jakarta Jadi Kota Paling Siap Hadapi Covid-19, Ini Langkah Konkretnya
Anies Baswedan. (Foto: detikcom)

Anies Klaim Jakarta Jadi Kota Paling Siap Hadapi Covid-19, Ini Langkah Konkretnya

Rabu, 12 Agt 2020 | 14:30 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Kesiapan suatu otoritas tentu menjadi faktor penting dalam penanganan virus corona (Covid-19) suatu negara. Meski sejauh ini tak ada negara yang terlihat siap dalam menghadapi pandemi Covid-19, namun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim Jakarta menjadi kota yang siap menghadapi pandemi ini.

"Soal treatment, tidak ada kota di dunia ini yang siap menghadapi Covid-19. Kami melakukan langkah 3T itu, bukti kami siap menghadapi Covid-19, kita siapkan sejumlah langkah,” kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam acara ILC TVOne, Selasa (11/8).

3T yang dimaksud Anies itu adalah singkatan dari testing, tracing dan treatment yang dinilai langkah paling konkret untuk mencegah penyebaran Covid-19 makin meluas.

Anies juga menambahkan, sebelumnya tidak banyak rumah sakit yang punya kapabilitas menangani pandemi Covid-19, namun kini terdapat  ratusan ruang ICU dan puluhan rumah sakit bergerak untuk penanganan.

“Kemampuan treatment ini terus kita tingkatkan,” katanya.

Sebagai langkah pencegahan penularan Covid-19 lainnya, Pemprov DKI Jakarta juga menegaskan hanya mendengarkan pakar kesehatan yang kompeten sebelum mengeluarkan kebijakan.

"Seharusnya dalam penanganan ini mendengarkan kata-kata pakar kesehatan, pakar epidemiologi. Kami mendengar kata mereka, kami merujuk pada pakarnya. Bukan pakar yang tidak kompeten di bidangnya,” kata Anies.

“Jadi ketika bicara tentang langkah pemerintah serius menangani Covid-19, tiga T ini dikerjakan,” tandasnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...