Anies Naikkan Tarif Parkir di Jakarta, Ini Penjelasannya

Sofia Citradewi
Sofia Citradewi

Anies Naikkan Tarif Parkir di Jakarta, Ini Penjelasannya Anies Baswedan (Foto: KOMPAS/ TOTOK WIJAYANTO)

Winnetnews.com - Keadaan udara Jakarta yang memburuk, membuat pemerintah mulai mengupayakan kebijakan-kebijakan yang diharapkan dapat membuat lingkungan lebih sehat dan udara yang bersih. Salah satunya memperketat peraturan wajib uji emisi bagi kendaraan yang melintas di Jakarta.

Terkait hal ini, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sedang mempertimbangkan peraturan untuk mekanisme uji emisi tersebut. Wacananya, kebijakan wajib emisi di Jakarta tersebut mulai diberlakukan pada 2020.

"Kendaraan bermotor yang beroperasi di Jakarta itu bukan kendaraan bermotor yang tidak lolos uji emisi, harus semuanya lolos uji emisi," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (2/7).

Harapannya, Anies ingin menciptakan masyarakat yang sadar uji emisi alias terdorong dengan sendirinya untuk melakukan uji emisi. Salah satunya dengan menaikkan tarif parkir kendaraan yang tidak lolos uji emisi.

"Nah, ini nanti dikaitkan dengan hak mereka untuk perpanjangan dan kita masukan dalam sistem perparkiran, mereka tidak lolos, biaya parkir lebih mahal," ujar dia, dikutip dari CNN Indonesia (3/7/2019).

Uji emisi adalah pengukuran gas buang kendaraan bermotor untuk mendeteksi kinerja mesin kendaraan. Namun, tidak sedikit pemilik kendaraan yang malas mengecek emisi secara berkala, padahal manfaat uji emisi ini membantu ciptakan lingkungan yang lebih sehat. Selain itu, berikut beberapa manfaat uji emisi:

  • Pemilik kendaraan dapat mengetahui tingkat efektivitas proses pembakaran bahan bakar pada mesin mobil setelah dilakukan analisa kandungan CO2 dan HC dalam gas buang.
  • Membantu pemilik mobil menyetel campuran udara dan bahan bakar secara tepat.
  • Mengetahui kinerja mesin mobil dalam kondisi baik atau tidak.
  • Mengirit bahan bakar serta mengoptimalkan tenaga mesin mobil.
  • Lingkungan akan sehat karena udara bersih.
  • Kerusakan pada bagian-bagian mesin mobil dapat diketahui.

Sebelumnya, Pemprov DKI memasukkan poin uji emisi dalam rapat pimpinan yang digelar tiap minggu. Anies berharap pengetatan uji emisi dapat membuat masyarakat Ibu Kota lebih baik dalam berkendara.

 

Apa Reaksi Kamu?