Anies Ragu Jual Saham Perusahaan Bir Karena Sumbang 40 Miliar
Sumber foto : Istimewa

Anies Ragu Jual Saham Perusahaan Bir Karena Sumbang 40 Miliar

Kamis, 26 Apr 2018 | 10:07 | Oky

Winnetnews.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diminta tak ragu-ragu menjual semua saham PT Delta Djakarta yang dikuasai pemprov. Dividen Rp 40 miliar yang disetor produsen miras jenis bir itu diharapkan tak membuat Anies tergiur mengingkari janji kampanyenya.

“Kami berharap dalam sepekan ke depan akan ada kabar baik, bahwa pemprov melepas sahamnya di perusahaan minuman keras PT Delta Djakarta. Karena pelepasan saham tersebut menjadi salah satu janji kampanye Gubernur Anies dan Wagub Sandi,” ujar anggota DPRD DKI Jakarta Taufik Hadiawan, Rabu (25/4).

Hadiawan menilai, kepemilikan saham di perusahaan minuman keras lebih banyak kerugiannya daripada keuntungannya.

Meski pemprov saat ini memperoleh dividen sekitar Rp 40 miliar, tapi dampak negatif yang ditimbulkan dari peredaran minuman keras di masyarakat, akan jauh lebih merugikan.

“Jadi sudah tepat jika pemprov melepas saham tersebut,” katanya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, pemprov mendapatkan dividen sebesar Rp 40 miliar dari perusahaan bir PT Delta Djakarta tahun ini.

Dividen itu diterima dari kinerja tahun 2017. "Tahun lalu kami terima dividen sekitar Rp 40 miliar dan akan dibayarkan di RUPS (rapat umum pemegang saham) ini. Nanti kami akan lihat," ujar Sandiaga.

Sandiaga mengatakan, RUPS tersebut sudah mulai dilakukan. Dirinya juga telah makan malam dengan jajaran PT Delta Djakarta.

Dia menyampaikan, Pemprov DKI sedang melakukan kajian internal terkait kepemilikan saham di PT Delta Djakarta.

"Apakah sesuai dengan visi misi kami yang dituangkan di RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) dan ini akan selesai dalam satu minggu ke depan," ujar Sandiaga.

Sandiaga akan mengumumkan keputusan terkait saham PT Delta Djakarta secepat mungkin. Dia mengatakan, komunikasi yang telah dijalin dengan PT Delta adalah langkah awal yang baik.

"Alhamdulillah, satu lagi milestone sudah tercapai, yaitu komunikasi dengan mitra dan mitra sudah mengerti posisi kami seperti apa," kata Sandiaga.

Pemprov DKI memiliki saham 26,25 persen di PT Delta Djakarta Tbk. PT Delta Djakarta memegang lisensi produksi dan distribusi beberapa merek bir internasional. DKI sudah menanam saham di perusahaan itu sejak 1970.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...