Anies Terancam Digugat karena Banjir, Refly Harun: Gugat Juga RK dan Ganjar
Refly Harun. (Foto: ANTARA/Wahyu Putro A)

Anies Terancam Digugat karena Banjir, Refly Harun: Gugat Juga RK dan Ganjar

Senin, 22 Feb 2021 | 10:15 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Nama Anies Baswedan menjadi sorotan utama pascabanjir yang melanda Ibu Kota sejak Sabtu, 20 Februari 2021 lalu. 

Belakangan bahkan muncul wacana d dari sebuah kelompok masyarakat yang menamakan diri Forum Warga Kota Jakarta (Fakta) yang berencana menggugat Provinsi DKI Jakarta karena dianggap tidak maksimal dalam menangani banjir.

Beberapa faktor yang disoroti oleh Fakta antara lain banjir yang merendam sejumlah kawasan di Jakarta karena tidak adanya peringatan dini dan bantuan darurat yang tidak sesuai. Kemudian saluran air dan drainase yang tidak terawat munculnya banjir besar yang muncul sekarang ini.

Menanggapi hal tersebut Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun mengatakan saat ini tidak ada satu gubernurpun yang mampu mengatasi persoalan banjir.

"Soal banjir ini kita tidak paham, kenapa belum ada satu gubernurpun yang mampu menanggulangi soal banjir ini," kata Refly dalam  YouTube pribadinya 'Refly Harun' pada Minggu (21/2).

Ia menilai tak adil jika hanya menyalahkan Anies. Pasalnya, banjir juga melanda sejumlah daerah lain. 

"Marilah kita agak adil juga ya dengan Gubernur DKI, karena banjir ini kan tidak hanya di DKI, tapi juga di daerah Jabodetabek," paparnya.

"Jadi kalau kita mau menggugat Gubernur, ya Gugatlah Anies Baswedan dan Ridwan Kamil. Gugatlah pula Ganjar Pranowo kemarin yang juga Semarang atau Jawa Tengah juga banjir," lanjutnya.

Namun, di sisi lain, Refly mengaku sepakat dengan rencana gugatan tersebut untuk memberi pembelajaran dan peringatan kepada Pemerintah Provinsi DKI agar lebih waspada terhadap banjir.

Ia kemudian mengkritisi soal pembangunan di Jakarta yang tak sedikit merusak ekosistem. Menurutnya pembangunan harus memperhatikan lingkungan sebagai prioritas utama.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...